Juni 17, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Cara Beli LPG 3 Kg Melalui KTP, Bertahap Mulai Tahun 2023 Halaman Semua

Cara Beli LPG 3 Kg Melalui KTP, Bertahap Mulai Tahun 2023 Halaman Semua

KOMPAS.com – Pemerintah berencana menggalakkan penyaluran subsidi Gas minyak cair (LPG) lebih dari target 3 kg.

Program ini diimplementasikan melalui pembelian percobaan lbh 3kg Mulai tahun 2023, Indonesia secara bertahap akan menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di seluruh tanah air.

Corporate Secretary PT Pertamina Batra Nyaka Irdo Jinting menjelaskan, pihaknya saat ini sedang melakukan sinkronisasi data target Percepatan Pengentasan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) dengan data pembeli LPG 3kg.

Selain itu, data ini akan masuk ke halaman hibah akurat MyPertamina.

Lantas, bagaimana cara membeli LPG 3kg saat pengujian?

Baca selengkapnya: Mulai tahun 2023, Anda harus menggunakan MyPertamina untuk membeli LPG 3 kg, bagaimana caranya?

Cara beli elpiji 3kg dengan KTP

Meski berdasarkan subsidi presisi MyPertamina, membeli LPG 3kg berbeda dengan Bahan Bakar Minyak (PPM) bersubsidi seperti Pertalite dan Solar.

Saat membeli BBM bersubsidi, masyarakat perlu mendaftar di halaman subsidi yang sesuai untuk mendapatkan QR Kode.

QR Kode Dalam bentuk digital atau cetak akan diperlihatkan kepada petugas SPBU sebagai syarat pembelian BBM bersubsidi.

“Masyarakat tidak membutuhkannyaUnduh Tamil Aplikasi atau QR Kode,” ujar Irdo Kompas.comSabtu (17/12/2022).

Irdo menambahkan para penyusup itu basis data P3KE dapat langsung melakukan pembelian dengan menunjukkan KTP.

Sedangkan bagi masyarakat yang datanya tidak masuk, pihaknya akan melakukan pemutakhiran data dan baru bisa membeli dengan KTP seperti biasa.

“Bagi yang tidak masuk data, data yang relevan akanMeningkatkan Dan bisa langsung dibeli seperti biasa,” lanjutnya.

KOMPAS.COM/Muchamad Dafi Yusuf Dealer Gas LPG di Vodkandul Semarang

Irdo pun menegaskan bahwa saat ini sudah menjadi partainya Batas pembelian LPG 3 kg tidak diberlakukan Bahkan jika pembelian dilakukan dengan pengumpulan data.

Dengan demikian, masyarakat bisa membeli elpiji 3 kg seperti biasa tanpa khawatir kehabisan kuota harian seperti membeli BBM bersubsidi.

Baca selengkapnya: Beli Biosolar menggunakan QR code, cara daftar dan region disini

Irdo menambahkan, pengadaan elpiji 3 kg sebenarnya sudah berjalan dengan pendataan.

Namun, hingga saat ini pendaftaran dilakukan secara manual Buku catatan Di setiap situs. Dengan langkah tersebut, menurut Irdo, akan terjadi proses digitalisasi data pembelian.

Hingga kini, penyelidikan masih dilakukan secara bertahap di lima kecamatan yakni Tangarang, Battam, Semarang, dan Mataram.

Saat ini kami hanya menguji di 5 kabupaten dan akan menguji tahun depan Gulir ke atas Secara bertahap,” katanya.

Baca selengkapnya: Cara menggunakan tabung gas elpiji dengan aman

Data P3KE

Dikutip Kompas.com (3/8/2022), data P3KE yang digunakan untuk pencairan subsidi LPG 3 kg merupakan data spesifik dan final yang dihasilkan dari pengurutan data yang ada.

Data P3KE tersebut adalah survei Badan Pusat Statistik (BPS), Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial, data Family Center Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), serta SDGs data. Kementerian Pedesaan, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Pemukiman Kembali.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendi mengatakan data di atas kemudian dilengkapi dengan data dari beberapa kementerian di bawah koordinasi Kementerian Kesehatan dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Menurutnya, P3KE akan memberikan kesempatan untuk mendata warga miskin yang belum mendapat bantuan sosial karena tidak memiliki nomor induk (NIK).

Dengan demikian, orang yang terdaftar dalam data P3KE akan memiliki kesempatan untuk menerima bantuan sosial dan subsidi pemerintah.


Dapatkan pembaruan Berita khusus Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link nya https://t.me/kompascomupdate, lalu bergabung. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.