Februari 28, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Di sinilah gerhana Matahari Cincin Api akan terlihat langsung pada bulan Oktober mendatang

Di sinilah gerhana Matahari Cincin Api akan terlihat langsung pada bulan Oktober mendatang

Noor Kumairah Sholeha HasanCari Indonesia

Minggu, 10 September 2023

0 saya melihat

Gerhana matahari akan disambut oleh fenomena langit yang dikenal dengan nama ‘Cincin Api’ atau Ring of Fire pada Oktober mendatang. NASA telah mengumumkan kabar tersebut melalui akun Twitter resminya.

KENDARI, TELISIK.ID – Gerhana matahari “Cincin Api” atau peristiwa langit cincin api akan menyambut bulan Oktober mendatang. NASA mengumumkan informasi tersebut melalui akun Twitter resminya.

Seperti dilansir cnnindonesia.com, peristiwa cincin api atau gerhana matahari total akan terlihat di delapan negara bagian AS pada 14 Oktober 2023.

Selama peristiwa tersebut, langit di Amerika Utara, Tengah dan Selatan akan menyaksikan gerhana matahari parsial yang berlangsung sekitar tiga jam, namun Cincin Api hanya akan terlihat selama beberapa menit.

Cincin Api


Fenomena ‘cincin api’ atau ring of fire disebut-sebut berpindah dari pantai Oregon ke Teluk Meksiko. Sebelumnya, masyarakat Amerika mengalami gerhana matahari cincin pada 20 Mei 2012 di Amerika Serikat Bagian Barat Daya.

Baca selengkapnya: Fakta Unik Kelelawar Putih, Hewan Kecil Berwajah Babi

Mengutip dari Detik.com, gerhana matahari bisa terjadi saat bulan baru berada di antara Bumi dan Matahari sehingga menimbulkan bayangan di Bumi. Gerhana matahari cincin atau lingkaran dapat terjadi ketika posisi Bulan relatif kecil di langit.

Dilihat dari garis cincin Oregon hingga Texas pada 14 Oktober 2023, bulan baru akan tampak kecil dan hanya menutupi 91 persen bola Matahari. Akhirnya berbentuk cincin api, peristiwa gerhana matahari.

Area yang terlihat

Jalur ini akan melewati Amerika Serikat bagian barat sebelum menuju ke Meksiko, Amerika Tengah, dan sebagian Amerika Selatan. Pemandangan terbaik gerhana matahari pada 14 Oktober 2023 akan berdurasi lima menit 17 detik.

READ  Periksa 1.000 kulit telur dinosaurus di Cekungan Sanyang China

NASA mengatakan jalur gerhana mendatang akan melewati delapan negara bagian di Amerika Serikat, dengan urutan kronologis gerhana sebagai berikut:

– Oregon Selatan

– Kalifornia Timur Laut

— Nevada Utara

– Utah Selatan

– Colorado Barat Daya

– Arizona Timur Laut

– Meksiko Baru

– Texas

Gunakan alat khusus jika ingin melihat secara langsung.

Baca selengkapnya: Pelajari 3 fakta unik tentang saiga dari Asia Tengah

Gerhana matahari memerlukan kacamata khusus jika ingin melihat ke langit secara langsung. Padahal, filter surya diperlukan saat melihat melalui kamera, teropong atau teropong, karena tidak hanya melindungi mata, tetapi juga peralatan.

“Saat gerhana cincin, tidak aman melihat langsung ke Matahari tanpa pelindung mata khusus yang dirancang untuk melihat Matahari,” kata NASA.

Sementara bagi pengamat yang tidak berdomisili di wilayah yang dilalui jalur gerhana, tetap bisa menyaksikan peristiwa tersebut secara virtual. Acara ‘Cincin Api 2023’ akan disiarkan langsung di timeanddate.com dan melalui San Francisco Exploratorium. (C)

Pengarang: Noor Kumair Sholeha Hasan

Penulis: Kardin

* Baca lebih banyak berita terbaru berita Google