Juni 20, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Hutan paling awal di bumi terungkap dalam fosil di Somerset, Inggris

Hutan paling awal di bumi terungkap dalam fosil di Somerset, Inggris

Kamis, 23 Mei 2024 – 22:41 WIB

Kasihan, pariwisata – Fosil hutan tertua yang diketahui, berumur 390 juta tahun, telah ditemukan di tebing batu pasir tinggi di sepanjang pantai Devon dan Somerset di barat daya Inggris.

Baca selengkapnya:

Sisa-sisa teater Romawi ditemukan di Faversham, Inggris

Fosil tersebut, yang ditemukan dan diidentifikasi oleh para peneliti dari Universitas Cambridge dan Cardiff, merupakan fosil pohon tertua yang pernah ditemukan di Inggris dan fosil hutan tertua yang diketahui di Bumi. Fosil hutan ini berusia sekitar empat juta tahun lebih tua dari rekor sebelumnya yang ditemukan di Negara Bagian New York.

Fosil itu ditemukan di dekat tambang di tepi selatan Selat Bristol, dekat tempat yang sekarang menjadi kamp liburan Butlin. Pohon fosil dikenal dengan namanya Calamophyton Sekilas menyerupai pohon palem, namun merupakan 'prototipe' dari pohon yang kita kenal sekarang. Ketimbang kayu solid, batangnya lebih tipis dan berlubang di bagian tengahnya. Mereka juga tidak memiliki daun dan cabang-cabangnya ditutupi ratusan struktur mirip cabang.

Baca selengkapnya:

Pemukiman pemburu-pengumpul berusia 10.500 tahun ditemukan di Inggris

.

Pola pepohonan di hutan primitif

Pohon-pohon ini jauh lebih pendek dibandingkan keturunannya: yang terbesar tingginya dua hingga empat meter. Saat pepohonan tumbuh, mereka melepaskan cabang-cabangnya, menjatuhkan sejumlah besar sisa tanaman, yang menopang invertebrata di lantai hutan.

Baca selengkapnya:

Tanpa diduga, Meghan Markle mendukung Kate Middleton di tengah krisis kesehatannya

Para ilmuwan sebelumnya mengira bagian pantai Inggris ini tidak memiliki banyak fosil tumbuhan, namun temuan fosil ini, selain usianya, menunjukkan bahwa pepohonan purba membantu membentuk lanskap dan menstabilkan tepian sungai dan pantai ratusan juta tahun yang lalu. Hasilnya dilaporkan dalam Journal of Geological Society.

img_title