Juni Nanti, Museum Nasional Pamerkan 1.500 Koleksi Museum Delft

Portal Teater – Museum Nasional Indonesia berencana memamerkan 1.500 benda-benda budaya koleksi eks Museum Nusantara Delft, Belanda, pada Juni mendatang.

Mengutip historia.id, pameran benda-benda hasil repatriasi yang dilakukan akhir tahun lalu itu diadakan setelah melakukan kajian konten dan kajian konservasi oleh tim ahli dari Direktorat Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam pameran nanti, setidaknya ada tujuh klasifikasi koleksi yang bakal dinikmati publik, yakni benda prasejarah, etnografi, arkeologi, numismatik dan heraldik, geografi, keramik dan sejarah.

Ada pula koleksi tekstil, wayang kulit dan wayang golek, mata uang, litografi, foto, perhiasan, dan senjata. Selain itu, beberapa model perahu, model rumah adat hingga figurine abad ke-13 hingga ke-14 dari Kerajaaan Majapahit pun ada.

Secara umum, benda-benda tersebut ditaksir berasal dari kisaran tahun 5000-1000 SM yang berasal dari Kalimantan (koleksi tertua) hingga era 1940-an.

Nilai benda-benda budaya tersebut ditaksir sekitar Rp17 milyar.

Selain pameran, koleksi-koleksi tersebut juga akan digunakan sebagai materi pelatihan konservasi dan sekolah konservasi bagi museum-museum di Indonesia.

Koleksi-koleksi yang dikembalikan dari Museum Delft ke Museum Nasional Indonesia pada akhir tahun lalu. -Dok. Fernando Randy/Historia.
Koleksi-koleksi yang dikembalikan dari Museum Delft ke Museum Nasional Indonesia pada akhir tahun lalu. -Dok. Fernando Randy/Historia.

Repatriasi 1.500 Koleksi Museum Delft

Proses repatriasai 1.500 koleksi Museum Nusantara Delft ke Museum Nasional Indonesia final dilakukan pada Selasa (24/12/2019). Saat ini sedang berlangsung proses identifikasi dan kajian.

Kepala Bidang Kemitraan dan Promosi Museum Nasional Huriyati mengatakan, pengembalian benda-benda tersebut terkait masalah penyelamatan sebagian benda budaya milik Indonesia yang berada di luar pengelolaan Pemerintah.

Pengembalian sebagian koleksi dari Belanda dalam jumlah yang cukup besar ini diharapkan mampu membuka peluang berikutnya dalam upaya pengembalian koleksi-koleksi penting milik Indonesia yang ada di kota lain di Belanda.

Empat tahun lalu, Rabu (23/11/2016), PM Belanda Mark Rutte mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo. Pertemuan itu menghasilkan persetujuan untuk mengembalikan koleksi yang ada di kota Delft.

Kala itu, PM Rutte menyerahkan sebuah keris Bugis kepada Jokowi. Keris itu melengkapi koleksi 1.499 yang direpatriasi akhir tahun lalu.

“Sebanyak itu, sejumlah 1500 ini untuk pertama kalinya dalam sejarah kita. Jadi ini momen yang sangat bersejarah dan kita ingin membagi kepada publik momen bersejarah ini,” ujar Hilmar Farid, Direktur Jenderal Kebudayan Kemendikbud, di Jakarta, Kamis (2/1) lalu, melansir historia.id.

Hilmar berharap repatriasi ini dapat menjadi batu loncatan bagi pengembalian sejumlah benda di museum-museum lain di Eropa yang dulunya diperoleh secara tidak sah.

Museum Nusantara di Delft sendiri merupakan tempat penyimpanan benda-benda seni dan bersejarah dari kepulauan Nusantara pada masa kolonial.

Pada masa itu, orang-orang yang kembali dari Indonesia membawa benda-benda tersebut dan diberikan kepada museum. Dengan itu, tidak semua koleksi museum di kota itu merupakan barang rampasan dari Indonesia.

Namun, banyak juga koleksi yang dikembalikan sudah rusak dan tidak lengkap. Saat ini koleksi-koleksi tersebut disimpan di belakang Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.*

Baca Juga

Kartu Pra-Kerja untuk Karyawan PHK

Portal Teater - Pemerintah memutuskan untuk memprioritaskan pemberian dana bantuan sosial dari Program Kartu Pra-Kerja kepada masyarakat yang menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK) lantaran...

Presentasi Fotografi Performans di Masa Krisis

Portal Teater - 69 Performance Club, sebuah platform seni performans yang digagas Forum Lenteng (Jakarta), kembali menyapa publik seni lewat fotografi performans. Seni performans ini...

Satu Juta Penduduk Dunia Terinfeksi Virus Corona

Portal Teater - Virus Corona (Covid-19) telah memukul dunia di mana lebih dari satu juta penduduk terinfeksi patogen ini. Data ini menjadi tonggak pencapaian...

Terkini

500 Juta Penduduk Dunia akan Jatuh Miskin Karena Corona

Portal Teater - Oxfam, sebuah organisasi nirlaba dari Inggris yang fokus pada penanggulangan bencana dan advokasi, mengatakan pada Kamis (9/4) bahwa dampak dari penyebaran...

Festival Teater Nasional 2020 Ditunda

Portal Teater - Teater Gema mengumumkan secara resmi penundaan pelaksanaan Festival Teater Nasional tahun 2020. Kabar penangguhan disampaikan melalui publikasi di akun media sosialnya,...

Jokowi: Glenn Fredly Lebih Dari Seorang Musisi

Portal Teater - Presiden Joko Widodo menyampaikan kabar duka atas berpulangnya musisi gaek Glenn Fredly pada Rabu (8/4) malam. Glenn diketahui meninggal karena penyakit...

Pasien Terinfeksi Covid-19 di Indonesia Tembus 3.000 Orang

Portal Teater - Pemerintah Indonesia pada Rabu (8/4) siang merilis data perkembangan terbaru kasus virus Corona di tanah air. Seperti hari-hari sebelumnya, grafik temuan...

Solidaritas Tanpa Batas Pekerja Seni

Portal Teater - Industri seni adalah salah satu sektor yang ikut terpukul lantaran merebaknya virus Corona (Covid-19). Tidak hanya di Indonesia tapi di seluruh...