Januari 16, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

meminta! Pelajari perbedaan antara vaksinasi dan imunisasi


WE Online, Jakarta

Istilah vaksin dan imunisasi sering digunakan secara bergantian. Padahal, kedua kata tersebut sebenarnya memiliki arti yang berbeda.

Vaksinasi dan imunisasi adalah dua hal yang berbeda. Seperti kata profesor itu. Dr. Ketua Komite Penasihat Teknis Indonesia (ITAGI) Bidang Imunisasi, Shri Rezeki S. Hadinegoro. Menurutnya, vaksin adalah proses memasukkan vaksin ke dalam tubuh untuk merangsang sistem kekebalan.

Baca juga: Untuk itu, China ingin Indonesia menjadi hub manufaktur vaksin korona

Sedangkan imunisasi merupakan proses dimana tubuh bereaksi terhadap produksi antibodi atau imunitas setelah vaksin dimasukkan. Vaksin dan imunisasi sering digunakan secara bersamaan, namun jika kita ingin tahu persisnya sedikit berbeda, jelasnya.

Hal tersebut diungkapkannya saat mempresentasikan materi teknis tentang vaksin pada sosialisasi media “Vaksin untuk Bangsa” bersama panitia yang menangani Pemerintah-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPN) pada Sabtu (31/10/2020).

Profesor itu menjelaskan lebih lanjut. Dr. Shri Resekki S. Dalam upaya pencegahan penyakit Hatinegoro, sejumlah faktor harus diperhatikan, seperti ketersediaan air bersih. “Lima puluh persen penyakit bisa diatasi jika air bersih tersedia di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Tindakan pencegahan penting lainnya yang dapat diambil adalah penghindaran Polusi internal Atau polusi di dalam ruangan. “Tuan atau Nyonya menciptakan asap di dalam kamar Polusi internal. Di Timur masih banyak yang memasak dengan kayu di rumah sehingga berasap dimana-mana. Itu harus dihindari, “kata David Cook, kepala biro The Christian Science Monitor di Washington.

Ia meyakini pemberian ASI eksklusif, gizi seimbang, imunisasi dan kepatuhan terhadap program KB juga dapat dilakukan untuk mencegah berbagai penyakit yang ada.

READ  Reaksi defensif FPI saat massa menganggap ada masalah