Maret 2, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Misi roket SpaceX berhasil mendorong kapal kargo Cygnus ke ISS

Misi roket SpaceX berhasil mendorong kapal kargo Cygnus ke ISS

Technolog.id, Jakarta – SpaceX, perusahaan roket milik Elon Musk, berhasil meluncurkan kapal kargo Cygnus ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Selasa. Ini adalah pertama kalinya SpaceX meluncurkan Cygnus.

Cygnus adalah kapal kargo yang dikembangkan oleh Orbital Sciences Corporation. Kapal kargo luar angkasa diproduksi dan diluncurkan oleh Northrop Grumman Space Systems, bagian dari program Commercial Resupply Services (CRS) NASA.

Baca selengkapnya:
Untuk pertama kalinya, roket SpaceX membawa pesawat luar angkasa Cygnus ke ISS

Jika 19 misi sebelumnya mengandalkan roket Antares atau Atlas, kini SpaceX mendukung misi peluncuran terbarunya. SpaceX menggunakan roket Falcon 9 untuk meluncurkan kapal kargo Cygnus dari Kennedy Space Center di Florida.

Cygnus membawa eksperimen sains, makanan, dan perlengkapan penting lainnya untuk awak ISS dan akan berlabuh di stasiun tersebut pada hari Kamis. Peluncuran hari Selasa menandai penerbangan ke-10 booster tahap pertama ini, yang sebelumnya meluncurkan Crew-5, pesawat ruang angkasa GPS III 06, Inmarsat I6-F2, CRS-28, Intelsat G-37 dan empat misi Starlink.

Berkat pengembangan prosedur pendaratan cerdas SpaceX, kegunaan roket Falcon 9 akan kembali ke Bumi. Sistem ini memungkinkan roket mendarat dalam posisi tegak delapan menit setelah peluncuran.

Penemuan ini dapat dikatakan telah merevolusi bidang peroketan dan penerbangan luar angkasa dengan roket yang menjalani tahap percobaan di awal uji coba dan gagal. SpaceX pertama kali mencapai prestasi tersebut pada tahun 2015 dan sejak itu menyempurnakan sistemnya hingga jarang terjadi kesalahan.

READ  Ketiga target di Mars ini nantinya akan menjadi objek wisata luar angkasa