Maret 5, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

NASA akan menemukan planet asing dengan tiga matahari

NASA akan menemukan planet asing dengan tiga matahari

Deskripsi planet KOI-5Ab mentransmisikan seluruh permukaan bintang mirip Matahari (Caltech / R.Hurt)

Telset.IT, Jakarta NASA Menemukan exoplanet alien dengan tiga matahari, yang membingungkan para astronom. Dinamakan KOI-5Ab, planet ini ditemukan pada 2009 oleh Teleskop Luar Angkasa Kepler NASA.

Namun, temuan itu “ditinggalkan” oleh para ilmuwan karena teleskop luar angkasa memiliki kandidat yang mudah diidentifikasi. “KOI-5Ab dibatalkan karena kerumitan. Kami memiliki ribuan kandidat,” kata David Ciardi, kepala ilmuwan NASA.

{Baca juga: NASA telah menemukan planet TOI-561 b, yang berusia 10 miliar tahun}

Menurut laporan New York Post, Dikutip Telset, Minggu (17/1/2021), KOI-5Ab berjarak sekitar 1.800 tahun cahaya dari Bumi. Sekadar informasi, satu tahun cahaya mengukur jarak di luar angkasa kira-kira enam triliun mil.

Namun, berkat satelit NASA Transiting Exoplanet Survey atau TES dan teleskop berbasis Bumi lainnya, KOA-5Ab telah menerima kehidupan baru. Para peneliti mampu menemukan orbit yang sangat membingungkan karena memiliki tiga matahari.

Karena ukurannya, KOA-5Ab sering kali merupakan raksasa gas yang mirip dengan Jupiter atau Saturnus. Namun, ia mengorbit bintang itu setiap lima hari di konstelasi KOA-5A. Itu tidak sejajar setidaknya satu atau dua bintang.

“Kami tidak tahu banyak planet dalam sistem bintang tiga. Ini sangat istimewa karena orbitnya miring. Kami masih banyak pertanyaan tentang bagaimana dan kapan planet terbentuk dalam sistem bintang banyak,” kata Siardi.

Tidak jelas apa yang menyebabkan orbit miring tersebut. Namun, NASA mengatakan bahwa para peneliti percaya bahwa bintang kedua menyebabkan gravitasi menendang planet, mengubah orbitnya dan menyebabkannya bergerak ke dalam.

Sebelumnya, para ilmuwan NASA Data yang ditinjau dari teleskop luar angkasa Kepler juga menemukan exoplanet baru seukuran Bumi yang mengorbit zona layak huni.

Untuk tujuan badan antariksa, zona layak huni berarti area di sekitar bintang tempat planet dapat mendukung air. Wilayah tersebut berpotensi untuk mendukung bentuk kehidupan lainnya.

READ  Sayangnya, para ilmuwan Inggris menemukan varian baru virus korona yang disebut VUI-202012/01, vaksin tersebut mungkin tidak berfungsi - semua halaman

{Baca juga: NASA akan menemukan planet baru yang bisa dihuni seperti Bumi}

NASA menjelaskan bagaimana Kepler-1649C terlihat dari permukaan. Film yang dihasilkan pun cukup mengagumkan.

Planet baru itu ditemukan pada 2018 ketika para ilmuwan mengeksplorasi pengamatan yang lebih tua dari pensiunan Kepler. Pasalnya, penelusuran sebelumnya yang menggunakan algoritme komputer salah mengidentifikasinya. [SN/HBS]