Januari 25, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Penyebab kepunahan hewan dan tumbuhan

KOMPAS.com – Manusia memiliki tanggung jawab untuk melindungi hewan dan tumbuhan dari kepunahan.

Tahukah Anda apa yang bisa menyebabkan kepunahan pada hewan dan tumbuhan? Tanyakan alasannya- Penyebab kehancuran Dibawah ini!

Serangan asteroid

Jutaan tahun sebelum manusia hidup, hewan besar seperti dinosaurus dan pohon purba yang besar hidup di permukaan bumi.

Laporan dari Laboratorium Impuls Jet NASA, 65 juta tahun yang lalu Bumi dihantam oleh asteroid besar dan menyebabkan kerusakan besar-besaran di Bumi.

Sekitar 70 persen spesies yang hidup di bumi telah punah oleh asteroid, salah satunya adalah dinosaurus.

Tabrakan asteroid mengeluarkan sejumlah besar debu yang menyebar di atmosfer bumi. Debu menutupi bumi untuk waktu yang lama dari sinar matahari, menyebabkan organisme yang tidak terpengaruh mati dan punah.

Baca juga: Hewan berbahaya dan langka di Indonesia

Perubahan iklim

Biologi Beruang kutub kelaparan

Pemanasan global akan menyebabkan perubahan iklim di Bumi. Satu belahan gampang tergenang air dan belahan bumi lainnya mengalami kekeringan.

Perubahan iklim akibat pemanasan global juga meningkatkan aktivitas badai tropis. Badai tropis dapat membunuh fitoplankton dan hewan.

Jika ini terus berlanjut, itu akan menyebabkan kepunahan organisme yang terkena dampak.

Hilangnya habitat

Seperti halnya manusia membutuhkan tempat tinggal, hewan dan tumbuhan adalah satu dan sama. Hilangnya habitat akan memaksa hewan untuk meninggalkan rumah dan menetap.

Sebagian besar hewan tidak dapat bertahan hidup dan tidak mengalami kepunahan karena tidak dapat menemukan tempat tinggal baru.

Misalnya, mencairnya es kutub dapat menyebabkan beruang kutub dan penguin kehilangan habitatnya. Alhasil, keduanya kini tergolong hewan langka.

Di Indonesia, pernah ada harimau Polinesia yang hidup di pulau Bali. Laporan dari தாட்கோ., The Polynesian Tigers diusir dari habitat aslinya saat pedagang Eropa dan tentara bayaran tiba di pulau Bali. Harimau Bali diusir dan diburu pada tahun 1937.

READ  Shin Tae-yong tiba, Timnas U-19 Indonesia langsung membedakan fisik dan mental: Okaseon Paul