Juni 17, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Peristiwa astronomi 19 September, langit malam dihiasi oposisi Neptunus

Peristiwa astronomi 19 September, langit malam dihiasi oposisi Neptunus

SUKABUMIUPDATE.com – Pada tanggal 19 September 2023, langit malam akan dihiasi oleh fenomena astronomi yang disebut oposisi planet Neptunus.

Perlawanan adalah kebalikan dari fusi. Ketika oposisi terjadi, planet yang mengalaminya berada di belakang Bumi atau berhadapan dengan Matahari.

Dimulai dari sisi Longit Selatan, tanggal 19 September juga menandai jarak terdekat planet Neptunus dengan Bumi. Namun planet es biru ini tidak mudah untuk diamati karena jaraknya yang jauh dari Bumi.

Baca selengkapnya: Penampakan planet-planet di tata surya menghiasi langit bulan September

Bagi pengamat di Bumi, Neptunus dapat diamati melalui teropong sejak matahari terbenam hingga matahari terbit.

Sebaliknya, Neptunus berjarak 28,90 AU di konstelasi Pisces dengan magnitudo 7,8.

Pada tanggal 19 September 2023, sebuah peristiwa astronomi yang dikenal sebagai oposisi Eptunian akan menghiasi langit malam

Siapkan teleskop untuk melihat planet es ini dan jangan kecewa jika Anda melihat Neptunus sebagai titik biru di teleskop Anda. Sebaliknya, Neptunus tampak sedikit lebih besar dengan diameter cakram 2,4 detik busur.

Sebagai informasi, Neptunus merupakan planet terjauh dari Matahari. Nama planet gas biru ini diambil dari nama dewa laut Romawi.

Baca selengkapnya: 5 Peristiwa Langit September 2023, Hujan Meteor dan Kemunculan Komet Nishimura

Neptunus adalah planet terbesar keempat berdasarkan diameter dan terbesar ketiga berdasarkan massa. Massa Neptunus tercatat 17 kali massa Bumi.

Redaktur: Dede Imran

READ  Mars telah terjebak dalam siklus ketekunan selama 4 bulan