Februari 5, 2023

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Fosil palsu, atau fosil palsu, sangat umum di seluruh dunia.  Berikut adalah tiga di antaranya.

Serangkaian gambar palsu yang mengguncang dunia

Jakarta

Penemuan fosil merupakan hal yang menggembirakan bagi para ilmuwan di bidang sejarah. Penemuan fosil ini dapat mengungkapkan bagaimana peradaban manusia berevolusi.

Namun, tidak semua penemuan fosil itu benar. Beberapa sengaja disebarluaskan meski ‘penemunya’ tahu fosil itu palsu.

Seperti tiga fosil palsu ini misalnya. Jika tidak hati-hati dan mencari informasi yang sebenarnya, masyarakat bisa tertipu dengan foto-foto yang ada. Berikut ini dikutip dari Popular Mechanics Detik Jabar dari detikInet Jumat (14/10/2022).



1. Raksasa Cardiff

Ada mumi palsu setinggi 10 kaki, hampir 3 meter di New York. Penggagasnya adalah George Hull, yang pada tahun 1868 sengaja memesan patung pahatan gipsum.

Ketika ‘ditemukan’, tentu menarik perhatian banyak orang — kecuali para ilmuwan yang sejak awal skeptis. Hull sendiri mengatakan bahwa ini bukanlah hoax, melainkan ‘bukti’ bahwa umat beragama lebih menerima informasi apapun yang mereka anggap sesuai dengan isi buku mereka.

2. Alyoshenka

Fosil palsu, atau fosil palsu, sangat umum di seluruh dunia. Berikut adalah tiga di antaranya. Foto: Oleh Mekanik Populer

Alyoshenka sebenarnya adalah bayi prematur yang lahir di tempat yang dulunya merupakan lokasi uji coba nuklir. Ada yang percaya bahwa itu berasal dari alien karena bentuknya yang berbeda. Lebih buruk lagi, ada klaim tes DNA palsu yang sengaja mencoba meyakinkan orang bahwa Alyoshenka adalah alien.

3. Malaikat Fiji

Fosil palsu, atau fosil palsu, sangat umum di seluruh dunia.  Berikut adalah tiga di antaranya.Fosil palsu, atau fosil palsu, sangat umum di seluruh dunia. Berikut adalah tiga di antaranya. Foto: Oleh Mekanik Populer

Fiji Mermaid atau Fijian Mermaid pernah menghebohkan publik. PT Barnum, sebuah perusahaan hiburan dan pemilik sirkus, membeli artefak tersebut pada tahun 1842 dan membuat orang tertarik. Faktanya, Fiji Mermaid adalah tubuh monyet yang dijahit di punggung ikan.

READ  Awalnya ditemukan, planet berbentuk bola rugby ini menarik bagi para astronom

(bola/bola)