Februari 21, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Setelah matahari terbenam, lihat 5 planet di langit atau melalui video

Setelah matahari terbenam, lihat 5 planet di langit atau melalui video

Grafik ini menunjukkan pemandangan menghadap ke barat setelah matahari terbenam pada 30 Maret 2023. Saat Jupiter jatuh ke dalam cahaya matahari terbenam, menjadi sulit untuk dilihat. Namun pada awal April, Merkurius naik ke barat—setiap malam. Perhatikan bahwa Uranus dekat, tetapi tidak terlihat oleh Venus. Kami menunjukkan Uranus pada bagan di bawah ini. Struktur silang stellarium.org. Digunakan dengan izin.

Bagaimana Anda melihat lima planet?

Minggu ini (akhir Maret 2023), lima planet Venus, Uranus, Jupiter, Merkurius, dan Mars terlihat berbaris di langit malam. Gianluca Masi dari Proyek Teleskop Virtual di Roma, Italia, mendemonstrasikannya dengan teleskop hari ini (29 Maret). Untuk menikmati presentasi, tonton video di bawah ini. Juga, Anda dapat melihatnya di langit, mungkin jika kondisi langit Anda sangat bagus, dan jika Anda memiliki mata yang jeli.

Planet-planet terletak pada busur lembut melintasi langit malam setelah matahari terbenam, setelah matahari terbenam, atau mengikuti jalur matahari melintasi langit. Demikian pula bulan dan planet mengikuti jalur matahari.

Bagaimana Anda melihat planet-planet? Keluar saat matahari terbenam dan lihat ke barat. Anda akan dengan mudah melihat planet Venus yang cerah.

Kemudian gunakan teleskop untuk memindai planet Uranus di sebelah Venus.

Kemudian tempatkan teleskop Anda rendah di langit, dekat titik di mana matahari terbenam. Di sinilah Anda akan menemukan Jupiter dan Merkurius.

Kemudian lihat ke langit – masih mencari gerhana atau gerhana – untuk Mars.

Teleskop maya Tampilkan kelima planet setelah matahari terbenam pada 28 Maret 2023.

KESEMPATAN TERAKHIR UNTUK MENDAPATKAN KALENDER FASE BULAN! Beberapa pergi. Sekarang untuk dijual.

Panduan untuk Melihat Planet

Venus dan Uranus. Dari kelima planet tersebut, Venus adalah yang paling terang dan Uranus yang paling lemah. Keduanya dekat di langit. Bunga mudah dilihat. Ini adalah “bintang” pertama yang terlihat (planet sejati). Uranus bersinar dengan magnitudo +5,8. Ini secara teoritis jelas. Namun, dalam praktiknya, Anda membutuhkan langit gelap dan teropong untuk melihatnya. Itu sekitar 1,5 derajat atau tiga bulan lebih lebar dari Venus awal pekan ini. Uranus akan berada paling dekat dengan Venus pada Kamis, 30 Maret.

READ  Hanya gambar Venus yang diambil yang mengerikan

Kamis dan Rabu. Jupiter adalah planet paling terang kedua. Tapi sekarang sudah dekat matahari terbenam dan hanya bisa dilihat di senja yang cerah. Langit malam yang cerah membuat Jupiter lebih sulit dilihat daripada sebaliknya. Tapi Jupiter masih bisa dilihat dengan mata ke arah matahari terbenam. Dan Rabu? Itu lebih redup dari Jupiter (meski masih lebih terang dari kebanyakan bintang). Tapi ini sudah dekat matahari terbenam. Setelah matahari terbenam, mulailah mencari pasangan rendah di ufuk barat. Anda membutuhkan langit cerah dan pemandangan barat yang tidak terhalang untuk menangkapnya. Teleskop akan membantu. Mereka menghilang hanya 30 menit setelah matahari terbenam. Jadi, saat matahari terbenam, jam berdentang.

Selasa, sekarang planet kelima di langit malam, dengan mudah terlihat awal pekan ini karena letaknya tidak jauh dari Bulan di kubah langit. Cahaya merah terang di dekat bulan pada Selasa malam, 28 Maret 2023. Mars cerah. Itu lebih terang dari kebanyakan bintang. Warnanya merah bening. Meskipun Matahari jauh, Anda masih bisa melihat Mars berdasarkan warnanya dan fakta bahwa Mars tidak bersinar seperti bintang.

Beberapa program pencarian

30 Maret, Venus dan Uranus melalui teropong.  Venus di kanan atas, besar dan cerah.
Pada sore hari tanggal 30 Maret 2023, Venus yang terang melewati Uranus yang redup. Dengan kata lain, kedua dunia ini sangat dekat pada 30 Maret. Teropong standar dapat dengan mudah mengungkapkan Uranus di sebelah Venus, dengan asumsi Anda memiliki langit yang gelap. Peta melalui John Jardine Gauss/Earthsky.
5 Planet: Peta langit untuk tanggal 31 Maret menunjukkan bintang-bintang.  Saat matahari terbenam, planet dan bulan sejajar.
Grafik ini menunjukkan pemandangan menghadap ke barat setelah matahari terbenam pada 31 Maret 2023. Bisakah Anda menangkap Jupiter dalam cahaya matahari terbenam? Merkurius naik setiap malam di awal April. Perhatikan bahwa Uranus dekat, tetapi tidak terlihat oleh Venus. Struktur silang stellarium.org. Digunakan dengan izin.
5 Planet: Bagan langit untuk tanggal 29 Maret menunjukkan bintang-bintang.  Planet dan bulan bergabung di malam hari.
Ingin melihat 5 planet malam ini? Bersiaplah untuk tantangan. Grafik ini menunjukkan pemandangan menghadap ke barat setelah matahari terbenam pada 29 Maret 2023. Seiring berlalunya waktu, Jupiter menjadi semakin sulit untuk dilihat saat jatuh ke dalam cahaya matahari terbenam. Namun pada awal April, Merkurius naik ke barat—setiap malam. Perhatikan bahwa Uranus dekat, tetapi tidak terlihat oleh Venus. Struktur silang stellarium.org. Digunakan dengan izin.
Dua bulan setengah terang, satu di dekat Bintik Merah (Mars) di sebelah kanan dan bintang Castor dan Pollux di sebelah kiri.
Berikut adalah bagan yang menunjukkan 28 Maret dan 29 Maret. Pernahkah Anda melihat bagaimana Bulan bergerak relatif terhadap Mars? Perhatikan juga bintang kembar Castor dan Pollux di Gemini si Kembar. Peta melalui John Jardine Gauss/Earthsky.

Kunjungi stellarium.org untuk melihat situs Anda secara akurat.

Intinya: Anda memiliki kesempatan untuk melihat lima planet malam ini dan sisa minggu ini. Berikut adalah ilustrasi dan informasi, termasuk di mana mencarinya di video.

Untuk acara selestial lainnya, kunjungi EarthSky’s Night Sky Guide.