Teater Niyaniya Serukan Perdamaian Lewat “Bangau Kertas”

Portal Teater – Teater Niyaniya bakal mempersembahkan sebuah pementasan teater di penghujung tahun ini berjudul “Bangau Kertas”. Naskah produksi ke-9 berbasis Jakarta ini bercerita tentang seni origami Jepang sebagai cara mendamaikan kekacauan.

Pentas ini diselenggarakan oleh Tenzoku Management dan akan berlangsung sepanjang 7-8 Desember 2019, di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

“Bangau Kertas” yang ditulis oleh Ghina Khairunnisa dan disutradarai Carmelita Christie berkisah tentang sebuah Klan Samurai yang memiliki dua orang putra dan seorang putri.

Dalam tradisi klan tersebut, seorang penerus takhta, sejatinya adalah keturunan laki-laki pertama dari pemimpin sebuah klan.

Namun putra kedua dari klan tersebut dianggap lebih pantas menjadi penerus dibandingkan sang kakak. Putra sulung itu kecewa lalu memutuskan untuk bekerjasama dengan klan Ninja.

Klan Samurai dan klan Ninja memang terkenal karena persaingan kekuasaan, hingga masing-masing dari mereka mengirim utusan untuk menyusup ke dalam klan lawan.

Namun, salah satu dari mereka, yaitu klan Samurai, berkhianat dan terjadilah peperangan.

Di sisi lain, si putri dari klan Samurai percaya jika perang akan berakhir dan perdamaian akan tiba ketika berhasil membuat seribu bangau kertas, atau dalam tradisi Jepang disebut origami (seni melipat kertas).

Bagi si putri, seribu bangau kertas dapat mengabulkan permohonan menjadi penuntun terakhir langkahnya menuju dunia tanpa pertumpahan darah yang terjadi.

Di Jepang sendiri ada cerita bahwa siapapun yang mampu membuat 1000 bangau kertas, maka satu permohonan mereka akan di kabulkan, termasuk mewujudkan perdamainan.

Namun, takdir justru membawanya kepada seorang Ninja, yang rela melakukan apapun untuk menjadi lebih kuat demi klannya.

Nah, bagaimana persis ceritanya sahabat teater, datang dan saksikan sendiri di gedung pertunjukan dan rasakan atmosfer kebudayaan Jepang dalam pentas ini!

Pentas "Bangau Kertas" oleh Teater Niyaniya di Teater Kecil, TIM Jakarta, Sabtu-Minggu, 7-8 Desember 2019.
Pentas “Bangau Kertas” oleh Teater Niyaniya di Teater Kecil, TIM Jakarta, Sabtu-Minggu, 7-8 Desember 2019.

Tentang Teater Niyaniya

Teater Niyaniya didirikan pada tahun 2014, dengan membawa konsep pementasan teater berbekal pengetahuan dari sudut pandang orang Indonesia yang mempelajari budaya Jepang.

Mula-mula Teater Niyaniya hanya fokus pada kegiatan teater. Namun seiring perkembangan waktu, Teater Niyaniya terus berjuang dan berkarya dengan merangkul berbagai format hiburan lainya menjadi sebuah Grup.

Niyaniya Group merupakan sebuah grup senirupa dan budaya yang menyenangi pertunjukan teater, musik dan tari.

Grup ini dibentuk oleh Niko Rulando yang merupakan alumnus Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia pada 29 September 2018 dengan nama Teater Niyaniya.

Kata NiyaNiya merupakan onomatope dalam bahasa Jepang Niyaniyasuru yang biasanya digunakan untuk mengungkapkan perasaan atau perilaku menyeringai.

Nama ini dipilih dengan harapan untuk melampaui ekspektasi dalam setiap pementasan yang dibawakan.

Niyaniya Group berharapan pementasan Teater Niyaniya dapat memberikan wawasan baru secara positif yang bisa dipetik oleh penonton dalam menyikapi permasalahan sosial di sekitarnya.

Rincian Acara:

Hari/Tanggal: Sabtu & Minggu, 7-8 Desember 2019
Tempat: Gedung Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta.
Pukul: Sabtu, 19:00-21:00 WIB
Minggu, 14:00-16:00 WIB
Tiket: VIP: Rp150.000, REGULER: RP100.000, BALKON RP.50.000

Dapatkan segera tiketnya:
Loket: https://bit.ly/34QV7iz
atau melalui aplikasi Go-Tix dengan mengetik “Bangau Kertas” di kolom pencarian.

Sumber: noobstation.net, eventjakarta, jakartatourism.

Baca Juga

Mendata Pelaku Industri Kreatif Terdampak Corona di Ibukota

Portal Teater - Virus Corona (Covid-19) telah memukul semua lini kehidupan manusia saat ini. Wabah global ini tidak hanya menghantam sektor ekonomi, politik, atau...

Pasien Terinfeksi Covid-19 di Indonesia Tembus 3.000 Orang

Portal Teater - Pemerintah Indonesia pada Rabu (8/4) siang merilis data perkembangan terbaru kasus virus Corona di tanah air. Seperti hari-hari sebelumnya, grafik temuan...

Jokowi: Glenn Fredly Lebih Dari Seorang Musisi

Portal Teater - Presiden Joko Widodo menyampaikan kabar duka atas berpulangnya musisi gaek Glenn Fredly pada Rabu (8/4) malam. Glenn diketahui meninggal karena penyakit...

Terkini

Festival Teater Nasional 2020 Ditunda

Portal Teater - Teater Gema mengumumkan secara resmi penundaan pelaksanaan Festival Teater Nasional tahun 2020. Kabar penangguhan disampaikan melalui publikasi di akun media sosialnya,...

Jokowi: Glenn Fredly Lebih Dari Seorang Musisi

Portal Teater - Presiden Joko Widodo menyampaikan kabar duka atas berpulangnya musisi gaek Glenn Fredly pada Rabu (8/4) malam. Glenn diketahui meninggal karena penyakit...

Pasien Terinfeksi Covid-19 di Indonesia Tembus 3.000 Orang

Portal Teater - Pemerintah Indonesia pada Rabu (8/4) siang merilis data perkembangan terbaru kasus virus Corona di tanah air. Seperti hari-hari sebelumnya, grafik temuan...

Solidaritas Tanpa Batas Pekerja Seni

Portal Teater - Industri seni adalah salah satu sektor yang ikut terpukul lantaran merebaknya virus Corona (Covid-19). Tidak hanya di Indonesia tapi di seluruh...

Kartu Pra-Kerja untuk Karyawan PHK

Portal Teater - Pemerintah memutuskan untuk memprioritaskan pemberian dana bantuan sosial dari Program Kartu Pra-Kerja kepada masyarakat yang menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK) lantaran...