Juni 17, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Tokamak HL-2A menjadi kunci China mewujudkan matahari buatan

Tokamak HL-2A menjadi kunci China mewujudkan matahari buatan

Memuat…

Tokamak HL-2A buatan China berhasil menghasilkan satu juta ampere atau satu mega ampere. Foto: South China Morning Post.

Cina – Tiongkok semakin dekat untuk mencapai ambisinya matahari buatan Berkat aplikasi tokamak baru, HL-2A . Bagaimana kemajuannya?

Keinginan Tiongkok untuk mendapatkan energi dari matahari buatan semakin mendekati kenyataan. The South China Morning Post, Senin (28/8) Perusahaan Nuklir Nasional China (CNNC) Menggunakan mesin tokamak terbaru yaitu HL-2A berhasil menghasilkan satu juta ampere atau satu megaamp plasma.

“Ini merupakan tonggak penting bagi pengembangan fusi nuklir di negara ini. Karena fusi nuklir terbatas adalah salah satu dari tiga landasan strategi pengembangan nuklir,” tulis CNNC.

Perkembangan tersebut sejalan dengan keinginan para ilmuwan Tiongkok yang berharap dapat menghasilkan energi setara dengan kekuatan matahari dalam menghasilkan panas dan cahaya. Proses ini diharapkan dapat menyediakan energi aman dan bersih tanpa batas.

Produksi energi, yang dikenal sebagai teknologi surya buatan, sangat berbeda dengan reaksi fusi nuklir, kata South China Morning Post.

Pembangkit listrik tenaga nuklir dikenal menghasilkan energi melalui reaksi fusi nuklir, namun limbah radioaktifnya sangat berbahaya. Sedangkan reaktor fusi magnetik atau tokamaks justru menghasilkan energi ramah lingkungan.

CNNC juga menyatakan bahwa tokamak HL-2A mengatasi masalah teknis sebelumnya dengan menggunakan sistem pemanas yang lebih bertenaga.

CNNC kemudian mencoba mengalihkan dan menggunakan perangkat yang dapat mengekstraksi panas, mengurangi kontaminasi plasma, dan melindungi dinding di sekitar reaktor.

Pencapaian ini merupakan sebuah langkah baru bagi Tiongkok. Sebelumnya mereka melakukan hal yang sama dan hampir berhasil. Saat itu energi yang terkumpul masih belum stabil.

Tokamak HL-2A menjadi kunci China mewujudkan matahari buatan

Pada April 2023, Tiongkok berhasil mengumpulkan energi dari tokamak selama tujuh menit. Larinya empat kali lebih lama dari percobaan sebelumnya. Kini daya satu mega amp yang dihasilkan oleh HL-2A merupakan prestasi yang menakjubkan. Apalagi saat ini para ilmuwan di seluruh dunia sedang bekerja keras menciptakan matahari buatan untuk mendapatkan energi bersih.

READ  Seorang ibu terluka dalam kecelakaan saat menyeberang jalan

South China Morning Post menyebutkan bahwa Tiongkok juga berupaya bekerja sama untuk memenuhi keinginan tersebut. Mereka juga sedang mengerjakan Reaktor Eksperimental Termonuklir Internasional yang saat ini sedang dibangun di Perancis.

Fasilitas tersebut merupakan hasil kerja sama Uni Eropa, Tiongkok, India, Jepang, Korea Selatan, Rusia, dan Amerika Serikat. Dengan adanya fasilitas di Perancis, mereka berharap dapat mencapai swasembada energi.

(Dan)