Juni 18, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

10 negara ini dikenal paling sepi di dunia, dengan hanya ratusan orang!

10 negara ini dikenal paling sepi di dunia, dengan hanya ratusan orang!

Suatu negara biasanya padat atau berpenduduk karena memiliki populasi yang besar. Tapi tidak semua negara seperti itu, beauties. Pasalnya, ada negara yang hanya berpenduduk sedikit atau tidak memiliki kewarganegaraan.

Diringkas dari hal atlas dunia, Berikut adalah 10 negara dengan populasi paling sedikit. Data populasi ini berdasarkan perkiraan populasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk tahun 2022. Apakah mereka? Berikut ulasannya!

1. Vatikan



Vatikan adalah salah satu negara paling sepi di dunia/foto:pexels/Ales Does Pictures

Dengan total populasi 799 jiwa, Vatikan menjadi negara terisolasi pertama di dunia Atlas Dunia.

Pada tahun 1929, para penguasa memutuskan untuk membuat negara bagian dengan 82 lapangan sepak bola. Kemerdekaan Kota Vatikan pada tahun 1926 diakibatkan oleh hilangnya tanah gereja yang diklaim oleh Italia yang baru bersatu pada tahun 1870.

Negara kecil ini adalah rumah bagi banyak pendeta dan biarawati dari seluruh dunia. Lapangan Vatikan menampung 80.000 orang, kebanyakan dari mereka adalah peziarah yang ingin mendengar Paus berbicara.

2. Nauru


NauruNauru/ Foto: (Getty Images/Panduan)

Dengan luas sekitar 12,9 kilometer persegi, Nauru hanya berpenduduk sekitar 11.232 jiwa. Nauru adalah negara kepulauan. Negara ini memiliki tanah yang subur dan menawarkan peluang pertanian melalui penanaman nanas, pisang, kelapa, dan sayuran. Namun sayangnya, 80 persen lahan terdegradasi oleh penambangan fosfat, mencegah pengembangan atau penggunaan apa pun.

Pemukim pertama Nauru tiba 3.000 tahun lalu dan menggunakan akuakultur untuk bertahan hidup. Kedatangan orang Eropa pada tahun 1800-an dan dua perang berikutnya membuat keadaan semakin sulit bagi penduduk asli Nauru. Meski merupakan negara miskin, Nauru memiliki potensi wisata yang bagus.

3. Tuvalu


TuvaluTuvalu/ Foto: (Getty Images)

Tuvalu, sebuah negara kepulauan di wilayah Polinesia, menempati urutan ketiga dengan jumlah penduduk 11.722. Tuvalu terletak di antara Hawaii dan Australia. Naiknya permukaan laut dapat mengancam habitat pulau itu selama seratus tahun ke depan, sehingga penduduk Tuvalu fokus untuk bertahan hidup.

Tradisi melaut bagi leluhur masih ada di masyarakat. Makanan berbahan dasar kelapa umum di kalangan penduduk pulau dan sebagian besar telah menggantikan penggunaan susu hewani.

4. Pala


ROCK ISLANDS, PALAU - 26 Agustus: Pemandangan udara Kepulauan Rock di Palau pada 26 Agustus 2015.  (Foto oleh Benjamin Lowy/Getty Images)Palau/ Foto: Getty Images/Benjamin Lowy

Palau adalah negara kepulauan yang terletak di sebelah timur Filipina dan utara Australia dengan populasi 22.927. Negara ini memperoleh kemerdekaan pada tahun 1994 dari Wilayah Perwalian Kepulauan Pasifik yang dikelola AS.

Palau adalah contoh betapa suksesnya pembangunan suatu negara meskipun harus bergantung pada bantuan internasional.

5.San Marino


San Marino adalah salah satu negara paling terisolasi di dunia
San Marino adalah salah satu negara paling sepi di dunia/foto:pexels/Jonathan Emili

Negara terisolir berikutnya adalah San Marino dengan jumlah penduduk 34.037 jiwa dan dikelilingi oleh wilayah Italia. San Marino dimulai sebagai gereja di atas bukit pada tahun 300 M dan terus menjadi republik hingga saat ini.

San Marino diberikan kemerdekaan pada tahun 1862 oleh Giuseppe Garibaldi. Meski mengalami kesulitan berat setelah Perang Dunia I, San Marino menjadi negara maju dalam hal produk domestik bruto (PDB) per kapita.

READ  Ibu pedesaan ini tumbuh dan menghasilkan makanannya sendiri