Desember 7, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

10 VPN TERBAIK UNTUK KEAMANANMU DI INTERNET

10 VPN TERBAIK UNTUK KEAMANANMU DI INTERNET

Trend berbelanja memalui e-commerce di Indonesia terutama dalam beberapa tahun terakhir ini meningkat dengan pesat. Berdasarkan data dari Bank Indonesia, pada kuartal pertama tahun 2021 terjadi peningkatan volume transaksi melalui e-commerce sebesar 99% dengan peningkatan nominal transaksi sebesar 52%. Hal yang menjadi penting seiring dengan kenaikan angka transaksi tersebut adalah keamanan saat melakukan transaksi dengan menggunakan fintech payment/digital payment/mobile payment pilihan anda.

Salah satu cara untuk memastikan keamanan transaksi itu adalah dengan menggunakan VPN (Virtual Private Network). Dengan menggunakan VPN, kamu sudah melakukan langkah untuk menjaga privasimu di internet karena data yang kamu gunakan terenkripsi dan dialihkan ke beberapa server berbeda. Tentunya dengan cara ini, data pribadi yang kamu gunakan saat bertransaksi (password, PIN, dll) melalui digital payment akan lebih terjaga.

BEBERAPA PILIHAN VPN YANG BISA KAMU GUNAKAN

NordVPN saat ini berada di peringkat #1 untuk layanan VPN terbaik tahun 2021. Parameter yang dilihat berdasarkan harga, jumlah server, dan jumlah pengguna di berbagai negara ini akan terus berubah seiring dengan berjalannya waktu. Selain NordVPN, terdapat juga beberapa layanan VPN berbayar yang cukup familiar di Indonesia antara lain Express VPN, Cyberghost, dan Surfshark. Ada juga layanan VPN gratis seperti Hotspot Shield, Touch VPN atau Tunnel Bear.

Khususnya di Indonesia, selain untuk menjaga keamanan transaksi. VPN juga membuatmu bisa mengakses situs-situs yang diblokir. Ini sangat berguna untuk kalian yang suka bermain game di PC atau Playstation. Dengan mengubah settingan regional pada VPN yang kamu gunakan.

Hal ini juga bisa digunakan pada layanan streaming berbayar seperti Netflix, yang juga mengalami peningkatan pelanggan terutama karena adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Indonesia (PPKM) oleh pemerintah.

READ  Zuckerberg mengatakan pesaing terberat WhatsApp bukanlah telegram atau sinyal

BAGAIMANA CARA MENGGUNAKAN VPN?

Penggunaan VPN sebenarnya cukup mudah. Setelah memilih layanan VPN yang ingin kamu gunakan, install VPN tersebut pada ponsel/PC mu. VPN berbayar biasanya menyediakan fitur gratis, tentu apabila kamu menggunakan fitur ini akan ada beberapa fitur pada layanan VPN tersebut yang tidak bisa kamu gunakan. Selanjutnya tinggal memilih regional mana yang akan kamu gunakan sebagai server untuk mengalihkan trafikmu.

PENTINGNYA MENGGUNAKAN VPN DI INDONESIA

Indonesia masih belum memiliki undang-undang perlindungan data pribadi. Proses rancangan undang-undang perlindungan data pribadi masih terus dilakukan dan didesak oleh DPR dan Kementrian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) juga terus mematangkan Rancangan Undang Undang Perlindungan Data Pribadi. Oleh karena itu kesadaran untuk melindungi data pribadi khususnya di Indonesia harus datang dari pengguna internet itu sendiri. Beberapa kasus bocornya data pribadi pengguna internet Indonesia baik dari e-commerce atau dari pihak lain harus menjadi pelajaran untuk kita agar lebih mengutamakan keamaan saat berselancar di internet.

Banyak manfaat menggunakan VPN selain hal-hal yang sudah disebutkan diatas. Selanjutnya silahkan tentukan VPN yang paling sesuai untukmu. Beberapa VPN memberlakukan layanan VPN Sharing untuk kalian yang berencana untuk berbagi layanan VPN dengan kerabat/keluargamu. Cara ini bisa menjadi solusi apabila kalian mau menggunakan VPN dengan harga yang lebih murah.

Jadi segera gunakan VPN, karena kalian pasti tidak mau kegiatan berbelanja melalui e-commerce favoritmu menjadi terganggu akibat masalah keamanan. Selamat berbelanja dan menunggu panggilan “Pakeeettt….!!!”  dari jasa kurir kepercayaanmu.