Agustus 16, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

178 Kaca raksasa teleskop James Webb terbuka dengan baik untuk menghindari proses mekanis yang rumit

178 Kaca raksasa teleskop James Webb terbuka dengan baik untuk menghindari proses mekanis yang rumit

Baltimore – Cermin raksasa Teleskop Luar Angkasa James Webb Setelah sayap kanan bagian kedua dipasang pada Sabtu, 8 Januari 2022, dibuka dengan benar. Para astronom dan tim teknik merasa lega karena telah memasang 50 komponen. Teleskop James Webb 178 telah melalui banyak proses mekanis.

Mereka memantau proses di Pusat Operasi Misi Teleskop Luar Angkasa James Web NASA di Institut Sains Teleskop Luar Angkasa di Baltimore, Maryland, AS. Laboratorium NASA senilai $ 10 miliar telah melalui fase panjang arsitektur pengumpulan cahaya yang berbahaya dan kompleks.

“Kami memiliki teleskop untuk mengorbit, teleskop luar biasa yang belum pernah dilihat dunia,” kata Thomas Zurbusen, direktur eksekutif Asosiasi Sains NASA, mengutip SINDOnews dari Space.com, Minggu (9/1/2022). (Baca lebih lajut; Cermin Utama Teleskop Web James, sayap kiri terpasang )

Cermin Teleskop James Webb terbuat dari berilium, logam yang ringan dan kokoh serta tahan dingin. Kaca ini memiliki 18 bagian yang dilapisi dengan lapisan emas yang sangat tipis untuk memantulkan cahaya inframerah, dengan bagian tengah dan dua sayap samping.

Area heksagonal ukuran meja kopi sekitar 6,5 meter perlu disesuaikan untuk fokus selama beberapa hari ke depan hingga minggu pertama. Web sangat ideal untuk melihat kosmos dalam cahaya inframerah panjang gelombang panas.

Optik dan instrumen teleskop harus sangat dingin untuk menangkap tanda-tanda cahaya redup dalam panas dan ruang angkasa. Teleskop Web James menggunakan tabir surya lima lapis seukuran lapangan tenis untuk memantulkan dan memancarkan energi matahari.

Sebuah tim teknik di Pusat Operasi Misi Teleskop Luar Angkasa James Web NASA di Institut Sains Teleskop Luar Angkasa di Baltimore mengawasi instalasi kaca utama pada Sabtu, 8 Januari 2022. Bill Ingalls / NASA / AB

READ  'Lubang Cacing' Membantu Menuleskan Paradoks Informasi Lubang Hitam?

“Hari ini, dekade ini telah mencapai tonggak sejarah dalam ilmu NASA! Meskipun perjalanan ini belum berakhir, saya menghela nafas lega dan dapat membayangkan kemajuan masa depan yang akan menginspirasi dunia,” kata Administrator NASA Bill Nelson. (Baca lebih lajut; Teleskop James Webb membuka kaca sekunder pertamanya )

Teleskop James Webb lebih kuat dari Teleskop Luar Angkasa Hubble, sehingga diharapkan mampu memindai galaksi cahaya dari bintang-bintang pertama dan galaksi-galaksi yang terbentuk 13,7 miliar tahun lalu. Teleskop James Webb akan mencapai 1,6 juta kilometer di orbit dalam dua minggu.

Jika semuanya berjalan dengan baik, eksplorasi ruang angkasa untuk sains akan dimulai musim panas ini. Para astronom berharap untuk meninjau kembali proses 100 juta tahun Big Bang yang membentuk alam semesta.

(wib)