Mei 30, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Rahasia Tersembunyi Langit Malam: 5 Tempat Terbaik di Dunia untuk Melihat Bima Sakti!

Rahasia Tersembunyi Langit Malam: 5 Tempat Terbaik di Dunia untuk Melihat Bima Sakti!

Siapa yang butuh teropong jika Anda bisa melihat Bima Sakti yang menakjubkan dengan mata kepala sendiri?


Di dunia yang diterangi oleh cahaya buatan, di mana cakrawala kota sering kali mengaburkan keajaiban alam di atasnya, Bima Sakti tetap menjadi keajaiban abadi yang memikat hati dan pikiran. Oleh karena itu, mengetahui waktu terbaik untuk melihat Bima Sakti penting dalam merencanakan petualangan angkasa Anda.

Biasanya, musim terbaik untuk berkunjung adalah antara bulan Februari dan Oktober, terutama antara pukul 00:00 dan 05:00. Namun, waktu ini bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti belahan bumi dan garis lintang, serta fase bulan. Oleh karena itu, disarankan untuk memeriksa kalender lunar dan merencanakan petualangan astronomi Anda selama bulan baru untuk memastikan pemandangan tanpa gangguan di bawah sinar bulan.

Meskipun Bima Sakti sebenarnya bisa dilihat sepanjang tahun, polusi cahaya perkotaan menghalangi pandangan kita, sehingga hanya menyisakan bulan dan beberapa bintang saja yang terlihat. Untuk benar-benar mengapresiasi dan menikmati keindahan Galaksi Bima Sakti, seseorang harus melakukan perjalanan jauh dari gemerlap lampu kota menuju tempat terpencil dengan langit yang gelap.

Jadi, apakah Anda seorang bintang berpengalaman atau pencari sensasi, kami telah mengumpulkan tempat terbaik di mana Anda dapat menyaksikan mahakarya kosmik ini.

Jadi, kemasi tas Anda, ambil selimut dan bersiaplah untuk memulai pengalaman tak terlupakan di bawah kanvas langit malam berbintang. Dari gurun terpencil hingga pegunungan tersembunyi, mari memulai perjalanan menemukan tempat terbaik di Bumi untuk melihat Bima Sakti yang spektakuler!

Gurun Namib, Namibia

Namibia penuh dengan gurun terpencil dan merupakan rumah bagi beberapa langit paling gelap di dunia, menjadikannya gurun tertua di dunia yang berada di urutan teratas daftar. Di gurun kuno inilah Bima Sakti dapat dilihat dalam bentuknya yang paling murni. Terletak jauh dari tempat tinggal manusia, daratan luas ini benar-benar bebas polusi cahaya, dan permukaannya yang datar memberikan Anda panorama 360 derajat sempurna dari busur galaksi rumah kita yang menjulang di atas pepohonan.

READ  Saat menggunakan motor otomatis V-belt, kruk mungkin rusak

Pecinta langit akan dapat melihat konstelasi yang familiar dan beberapa belum pernah Anda lihat sebelumnya. Anda dapat menikmati pengamatan bintang sepanjang tahun di Namibia, namun bulan-bulan musim dingin yang kering dari Mei hingga November sangat ideal untuk pemandangan alam semesta yang tak tertandingi.

Gurun Atacama, Chili

Gurun Atacama

Chili adalah surganya para astronom. Negara ini memiliki beberapa tempat terbaik di dunia untuk menikmati keindahan langit malam. Anda dapat melihat bintang-bintang paling terang di Bima Sakti di atas Valle de la Luna, atau “Lembah Bulan”, di Gurun Atacama. Saat malam tiba, kawasan terpencil ini menjadi tempat ajaib dengan lanskap seperti bulan yang dipercantik dengan formasi batuan unik yang menonjol keluar dari dasar gurun seperti topi penyihir.

Sementara itu, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan ribuan bintang yang dikelilingi awan berbagai macam debu dan gas berwarna merah muda yang mewarnai langit dengan mempesona. Anda dapat mengunjungi pemandangan ajaib ini kapan saja, tetapi yang terbaik adalah pergi dari bulan April hingga September untuk mendapatkan pengalaman berbintang yang paling menakjubkan dan cerah.

Taman Nasional Death Valley, AS

Di Lembah Kematian

Tersembunyi di tengah keindahan terpencil Gurun Mojave, Taman Nasional Death Valley menawarkan langit malam paling gelap di Amerika. Faktanya, langit sangat gelap sehingga dianugerahi “lapisan emas” tertinggi oleh DarkSky International yang terkenal, yang diperuntukkan bagi tempat-tempat paling gelap di seluruh dunia. Meski ada kata “kematian” di tempat ini, namun saat malam tiba, langit menjadi hidup dengan bintang-bintang yang hampir tampak keluar dari langit, dan aliran cahaya Bima Sakti yang selalu terlihat, menjadikannya pengalaman mengamati bintang. Surga.

READ  Astronot NASA melihat penerbangan luar angkasa kedua mereka pada tahun 2021

Meskipun periode ini bertepatan dengan suhu terpanas sepanjang tahun, Juli hingga awal Agustus adalah waktu terbaik untuk berkunjung. Alternatifnya, banyak pengunjung yang datang pada bulan-bulan musim semi, Maret hingga awal Mei, saat Bima Sakti mulai terasa beberapa jam sebelum matahari terbit.

Waduk Gunung Riano, Spanyol

Bukit Riano

Nikmati Bima Sakti yang berkabut di barat laut Spanyol, khususnya di Pegunungan Riano. Tempat ini dianggap sebagai tempat melihat bintang terbaik di Eropa. Surga tersembunyi ini adalah tempat yang sempurna untuk menikmati pemandangan spektakuler, dengan pegunungan berbatu yang tertutup salju putih bersih dan danau sebening kristal yang memantulkan keindahan langit di atasnya, menciptakan pemandangan yang mengingatkan kita pada negeri ajaib musim dingin.

Dengan skor indeks 76 dari 100, tempat ini menonjol sebagai satu-satunya tempat dalam daftar yang ditetapkan sebagai “situs langit gelap terbaik” dengan skor sempurna 1 pada skala papan.

Gunung Bromo, Indonesia

Gunung Bromo

Jika Anda tidak punya waktu dan kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut, jangan khawatir! Karena negara kita sungguh menakjubkan dalam hal pemandangan yang menakjubkan. Indonesia memiliki banyak tempat yang jauh dan mudah diakses di mana Anda dapat melihat aliran bintang yang terang, dan dianggap sebagai tempat terbaik untuk melihat jejak bintang di Asia.

Meskipun kebanyakan orang pergi ke Gunung Bromo untuk menikmati pemandangan matahari terbit yang indah, ada banyak tempat dengan gangguan cahaya yang lebih sedikit, di mana Anda dapat melihat pemandangan alam semesta dengan latar belakang abu vulkanik dan asap. Dalam Promo, Anda harus berada di tempat dan waktu yang tepat untuk menyaksikan peristiwa langka tersebut. Waktu terbaik adalah musim kemarau pada bulan April hingga September, dimana malam hari sangat cerah dengan awan menghalangi pandangan.

READ  Fakta Neptunus, planet badai besar