Mei 30, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Fisikawan pemenang Hadiah Nobel Peter Hicks telah meninggal dunia

Fisikawan pemenang Hadiah Nobel Peter Hicks telah meninggal dunia

Edinburgh, Gatra.com – Peter Higgs, fisikawan pemenang Hadiah Nobel yang mengusulkan partikel baru Higgs bosonwaktu setempat pada Senin (8/4) di rumahnya di Edinburgh, Skotlandia.

Hicks, 94, memenangkan Hadiah Nobel Fisika pada tahun 2013 atas karyanya pada tahun 1964. Studinya menunjukkan caranya Boson Memberi massa pada partikel dan membantu menyatukan alam semesta. pada dasarnya, Higgs boson Hal ini dapat menjelaskan mengapa semua partikel mempunyai massa. Tanpa Higgs boson, kita tidak akan memiliki massa. Tidak semuanya mempunyai massa. Itulah yang dikatakan sebagian besar ilmuwan Higgs boson Sebagai 'partikel dewa'.

Setelah percobaan intensif pada tahun 2008, teori tersebut dibuktikan pada tahun 2012 oleh fisikawan yang bekerja di Large Hadron Collider di Cern, Swiss. Hadiah Nobel dibagikan kepada fisikawan teoretis Belgia François Englert. Untuk penemuan langsung..

Sebagai Royal Society dan Companion of Honor, Higgs menghabiskan sebagian besar karirnya di Universitas Edinburgh, yang pada tahun 2012 mendirikan “Higgs Center for Theoretical Physics” untuk menghormatinya. Hicks juga seorang profesor emeritus di universitas bergengsi tersebut. .

“Peter Hicks adalah pria yang luar biasa. Dia adalah seorang ilmuwan yang benar-benar berbakat yang visi dan imajinasinya memperkaya pengetahuan kita tentang dunia di sekitar kita. “Karya pionirnya telah menginspirasi ribuan ilmuwan, dan warisannya akan terus menginspirasi generasi mendatang,” tulis Wakil Rektor Universitas Edinburgh Profesor Sir Peter Matheson dalam keterangan resminya.


11

READ  Inilah 7 bidang kuliah dengan peminat lebih sedikit dengan pekerjaan yang lebih cerah