Agustus 11, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

5 Alasan Timnas Indonesia Harus Tetap Di AFF Dan Batal Bergabung di EAFF Nomor 1 Memiliki Pengaruh Besar Di Asia Tenggara: Okeson Bola

Banyak 5 alasan tim nasional indonesia Tinggal di AFF akan diulas di artikel ini. Rumor transfer Timnas Indonesia dari Konfederasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFKonfederasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF) telah banyak dibahas.

Meski Konfederasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) belum memiliki kejelasan yang pasti, AFF bisa merasakan langkah Timnas Indonesia langsung keluar dari gerbang. Namun, sebelum mengambil keputusan, PSSI sebaiknya mempertimbangkan faktor lain.



Seperti yang dirangkum tim Okezone, setidaknya ada 5 alasan mengapa Timnas Indonesia harus bertahan di AFF. apa pun? Berikut 5 alasan mengapa Timnas Indonesia harus bertahan di AFF:

5. Magnet sepakbola Asia


Ternyata kehadiran Timnas Indonesia di Asia Tenggara tidak hanya berdampak regional. Bahkan, Asia Tenggara semakin dikenal seantero Asia.

Hal ini terlihat dari banyaknya pelatih asing yang banyak melatih tim-tim Asia Tenggara. Padahal, Timnas Indonesia saat ini dilatih oleh pemain Korea Selatan Shin Tae-yong.

Selain itu, Park Hong-Sio juga membawahi tim nasional Vietnam. Belakangan, sosok pelatih Korsel yang menjadi juru taktik timnas Malaysia adalah Kim Ban-Kon. Referensi ini menunjukkan bahwa Timnas Indonesia merupakan magnet sepak bola di Asia.

4. Jadilah sorotan dunia

tim nasional indonesia

Meski hanya berlaga di tingkat Asia Tenggara, kiprah Timnas Indonesia akan menarik perhatian dunia. Terbukti, banyak pemain timnas Indonesia yang bekerja di luar negeri.

Sebut saja Witan Suleiman yang pernah berkarir bersama Lechia Gdansk di Eropa. Setelah itu, Asnavi Mangulam yang bermain untuk klub divisi dua Korea Selatan Anson Greeners.

Baru-baru ini, Pratama Arhan adalah pemain yang baru saja pindah dari PSIS Semarang ke Tokyo Verdi, klub divisi dua liga Jepang. Meski belum tentu bersaing dengan negara-negara EAFF seperti Jepang, Korea Selatan, dan China, banyak pemain ini mencatat bahwa timnas Indonesia benar-benar mencuri perhatian dunia.

READ  Konflik Rusia vs Ukraina, Mengapa Negara Muslim Chechnya Bantu Rusia? dalam Kata Pengamat

3. Memiliki basis dukungan yang besar

Suporter Timnas Indonesia

Sepak bola adalah nomor satu di Indonesia. Karena jika masyarakat Indonesia menjadi pendukung setia timnas Indonesia maka tidak dilarang.

Tidak hanya itu, ia memiliki basis dukungan yang besar. Namun, Timnas Indonesia juga harus diakui semangat juang para suporter sepak bola Indonesia. Hal ini terlihat dari penuhnya tribun penonton stadion setiap kali timnas Indonesia bertanding.

Jadi, sayang sekali jika timnas Indonesia keluar dari AFF. Di sisi lain, secara geografis, EAFF jauh dari Indonesia. Artinya, Anda bisa menjadi pendukung timnas Indonesia jika berlaga di EAFF. Mengingat Indonesia memiliki basis pendukung yang besar, PSSI harus mempertimbangkan hal ini.

2. Dihormati di Asia Tenggara

tim nasional indonesia

Bukan hal baru jika Timnas Indonesia masuk dalam jajaran elite di Asia Tenggara. Bahkan sejak babak pertama Piala AFF, Timnas Indonesia dikenal sebagai rajanya Asia Tenggara.

Karena itu, dengan berlaga di Asia Tenggara, Timnas Indonesia bisa bersaing dengan tim lain. Ini dinilai lebih baik dari EAFF yang kebetulan menampung tim-tim kuat di Asia.

Alih-alih bertanding, Timnas Indonesia bisa kalah di EAFF. Berdasarkan hal itu, ada baiknya Timnas Indonesia berkembang dari target yang lebih dekat, seperti Asia Tenggara.

1. Bantu sepak bola Asia Tenggara berkembang

tim nasional indonesia

Masuk dalam jajaran tim elit di Asia Tenggara, Indonesia menjadi tolak ukur perkembangan sepak bola AFF. Namun seperti yang telah dibahas pada poin sebelumnya, banyak pemain timnas Indonesia yang bermain di luar negeri.

Artinya, mencontoh timnas Indonesia dalam mengembangkan kualitas pemain akan menjadi tolak ukur negara-negara Asia Tenggara. Selain itu, Timnas Indonesia diyakini telah memberikan kontribusi bagi perkembangan sepak bola di Asia Tenggara.

READ  Live vs Indonesia v 2022 Thomas Cup Final, Tonton Disini, GRATIS!

Melihat peta kompetisi menunjukkan bahwa Piala AFF sudah mulai menunjukkan kemajuan yang baik. Dianggap sebagai tim Asia Tenggara terkuat, posisi timnas Indonesia patut ditiru oleh banyak negara Asia Tenggara. Oleh karena itu, jika Timnas Indonesia keluar dari AFF, kecil kemungkinannya akan berdampak pada perkembangan sepak bola di Asia Tenggara.