5 asupan untuk mencegah osteoporosis

Jakarta: Osteoporosis digolongkan sebagai kondisi tulang yang lemah atau rapuh. Sehingga sangat mudah terjadinya patah tulang bagi yang mengalaminya.

Banyak faktor yang meningkatkan risiko seseorang terkena osteoporosis antara lain riwayat keluarga, kondisi fisik, dan ras. Ini karena orang Kaukasia dan Asia berisiko lebih tinggi terkena osteoporosis.

Meski osteoporosis sangat berbahaya, Anda tidak perlu khawatir. Karena osteoporosis bisa dicegah, salah satunya dengan makanan. Berikut beberapa makanan yang dapat mengurangi risiko osteoporosis:

1. Kalsium

Definisi osteoporosis adalah hilangnya mineral tulang secara signifikan, dan mineral utama tulang adalah kalsium. Sekitar 99,5 persen pasokan kalsium tubuh disimpan di dalam tulang, kata MD Jonathan Lee.

“Ketika dibutuhkan lebih banyak kalsium, tulang diminta meninggalkan sebagian dari distribusinya, dan jika tidak dipulihkan secara memadai, tulang menjadi rapuh,” lanjutnya.

National Osteoporosis Foundation (NOF) merekomendasikan wanita dan pria menerima 1.000 mg kalsium elemental setiap hari. Apalagi bagi orang paruh baya.

2. Minum susu

“Cara terbaik untuk mendapatkan jumlah kalsium yang disarankan adalah melalui diet,” kata FACR MD Abby Abelsen, kepala Departemen Reumatologi dan Imunologi Klinik Cleveland.

Kalsium dari susu dan produk susu lainnya umumnya terserap dengan baik. Susu rendah lemak, yogurt tanpa lemak, dan keju rendah lemak adalah sumber kalsium yang sehat.

3. Makan sayuran hijau

Sayuran hijau tinggi kalsium, dan kalium serta vitamin K akan membantu mencegah kehilangan kalsium dari tulang. Sumber kalsium lain selain susu termasuk sayuran berdaun hijau.

“Seperti brokoli dan kangkung, serta lobak masak, buah ara kering, jeruk atau jus buah dengan tambahan kalsium dan jeruk,” kata Kathy Malford, direktur Pusat Kesehatan Tulang di Universitas St. Maryland, MS, CRNP, ON. B-C. Pusat Medis Joseph / Rekan Ortopedi Dawson.

READ  Habib Risik Shihab dan keluarganya menjalani tes tukar govt-19, gimana hasilnya?

4. Kedelai

“Kedelai tidak hanya mengandung kalsium, tapi juga estrogen tumbuhan yang membantu menjaga kepadatan tulang. Setengah cangkir kedelai mengandung 400 miligram kalsium,” kata ahli diet dan ahli kebugaran Erin Palinsky-Wade, RD, CDE.

Isoflavon dalam tahu dapat membantu mencegah osteoporosis setelah menopause. Berasal dari Asosiasi Endokrinologi, menurut sebuah studi tahun 2015.

5. Plum

“Prune adalah salah satu makanan yang dapat memperkuat tulang Anda hingga 20 persen. Penelitian menunjukkan bahwa makan lima sampai enam buah plum sehari dapat membantu mencegah pengeroposan tulang,” kata Palinsky-Wade.

“Dengan menambahkan terong ke atas salad atau menikmatinya sebagai camilan, Anda bisa meningkatkan kesehatan tulang dan menambah asupan serat dan nutrisi,” lanjutnya.

Prune (disebut juga plum kering) mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tulang, seperti vitamin K, magnesium dan potasium.
(POHON CEMARA)

More from Amangkurat Kogoya

Apa anda sakit diabetes? Hindari 5 buah berikut yang bisa menaikkan gula darah dengan cepat

PORTALSURABAYA.com – Apa kamu mengidap diabetes? Hindari 5 buah berikut yang bisa...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *