Juni 16, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

5 Perbedaan gelombang transversal dan longitudinal, gambar dan tabel

5 Perbedaan gelombang transversal dan longitudinal, gambar dan tabel


Jakarta

Gelombang transversal dan longitudinal memungkinkan suara, cahaya, dan air mencapai manusia. Energi gempa bumi, gelombang radio, gelombang elektromagnetik, bahkan gelombang yang membutuhkan medium dapat mempengaruhi lingkungan sekitar.

Kedua gelombang sebenarnya mengirimkan energi dari satu tempat ke tempat lain. Gelombang juga diartikan sebagai getaran yang merambat. Tetapi gelombang transversal dan longitudinal memiliki perbedaan mendasar.

Gelombang transversal

Mengutip buku Fisika 3A Kamajaya, gelombang transversal memiliki gerak tegak lurus dengan arah getaran mediumnya. Gelombang transversal terdiri dari palung dan puncak.

Gelombang transversal. Foto: Sudiro SMAN 83 Jakarta/Pembelajaran Fisika SMA Vol.

Contoh gelombang transversal dapat dilihat pada getaran tali yang bergerak naik turun, gerak di permukaan air, dan elektromagnetisme. Contoh gelombang elektromagnetik termasuk radio, gelombang mikro, inframerah, dan sinar UV.

Gelombang panjang

Arah gelombang longitudinal sesuai dengan getaran medium dalam arah yang sama atau berlawanan. Gelombang longitudinal sering dikatakan sejajar dengan arah medium dan tidak memiliki puncak dan lembah yang jelas.

Perbedaan Antara Gelombang Transversal dan LongitudinalGelombang panjang. Foto: Sudiro SMAN 83 Jakarta/Pembelajaran Fisika SMA Vol.

Partikel gelombang ini bergerak sejajar dengan arah rambat gelombang. Ini termasuk gelombang longitudinal seperti gelombang suara, gelombang seismik, atau gelombang di media seperti gas dan cairan.

5 Perbedaan gelombang transversal dan longitudinal

1. Arah gerak partikel

Dalam gelombang transversal, partikel medium bergerak tegak lurus terhadap arah rambat gelombang. Ketika berada dalam gelombang longitudinal, partikel medium bergerak sejajar dengan arah rambat gelombang.

2. Bentuk gelombang

Gelombang transversal mungkin berbentuk sinusoidal atau menghasilkan gelombang yang berosilasi secara horizontal atau vertikal. Sedangkan gelombang longitudinal dapat menghasilkan gelombang dengan pola kompresi dan redaman.

READ  Sifat Cahaya: Memahami sifat unik fenomena cahaya

3. Perpindahan energi

Dalam gelombang transversal, energi ditransfer secara lateral melalui medium. Sedangkan pada gelombang longitudinal, energi ditransfer melalui kompresi dan redaman partikel medium.

4. Sedang

Gelombang transversal merambat di berbagai media seperti tali, air dan ruang hampa. Sementara itu, gelombang longitudinal merambat dalam media seperti gas, cairan, dan padatan.

5. Deteksi

Gelombang transversal dapat dideteksi menggunakan perangkat seperti detektor medan elektromagnetik, sedangkan gelombang longitudinal dapat dideteksi menggunakan mikrofon atau lubang suara manusia.

Mengutip dari Paige’s Physics, jika tabelnya seperti ini:

Perbedaan Antara Gelombang Transversal dan LongitudinalPerbedaan Antara Gelombang Transversal dan Longitudinal Foto: Maryam Mazaya/detik.com.

Dapat kita simpulkan bahwa perbedaan antara gelombang transversal dan longitudinal dapat dilihat dari segi arah, bentuk, perpindahan energi, medium dan cara pendeteksiannya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tonton videonya”Sri Sultan HP X mengajak masyarakat terdampak gempa ke Kotong Royang
[Gambas:Video 20detik]
(baris/baris)