Februari 24, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Bagaimana astronot kembali ke Bumi?

Bagaimana astronot kembali ke Bumi?

Teknologi.id – Astronot kembali ke Bumi dalam kapsul ruang angkasa Soyuz. Modul ini membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam untuk turun dan membuka parasut untuk melambat di atmosfer bumi. Modul turun dengan kecepatan 800 km/jam hingga mendekati permukaan tanah, di mana roket pendorong menahan benturan di tanah.

Tempat pendaratan paling umum untuk pendaratan kapsul adalah di Kazakhstan. Ketika astronot memasuki orbit Bumi, mereka perlu mempersiapkan terlebih dahulu dengan simulasi ketika situasi tak terduga muncul. Prosesnya dikatakan seperti goncangan rollercoaster yang sangat kuat.

Setelah meninggalkan ISS, modul Soyuz membutuhkan waktu 3 jam untuk kembali ke Bumi. Sebagai stasiun luar angkasa, ISS akan diluncurkan dengan memposisikan ulang modul sejajar dengan Bumi. Tabrakan dengan wahana antariksa bukanlah tujuannya.

Pengait Soyuz dengan stasiun ISS dilepas dengan dipencet dan ditarik keluar perlahan, lalu roket kecil di atas Soyuz diarahkan untuk turun perlahan. Fase paling berbahaya dimulai saat memasuki orbit.

Jika roket tidak cukup kuat memberikan daya dorong untuk memasuki orbit, kemungkinan modul Soyuz akan memantul kembali dari gravitasi bumi. Dengan kata lain, astronot tidak selalu bisa pulang. Selain itu, jika didorong terlalu keras ke Bumi, modul Soyuz akan turun terlalu cepat dan bertabrakan dengan atmosfer yang bisa memanas hingga 2.000 derajat Celcius.

Pada ketinggian 140 km modul orbit, peralatan dan modul utama dipisahkan. Gravitasi bumi mencapai 4G dalam volume. Padahal, tingginya masih sekitar 35 km di atas permukaan bumi. Teknologi modul Soyuz menggunakan sistem pilot otomatis terkomputerisasi ketika semuanya berjalan dengan baik.

Sebelum mengenai tanah, roket di bawah kapsul menembakkan roket untuk mengaktifkannya Pendaratan mulus. Kata astronot sebenarnya tidak ada Pendaratan mulus Sebaliknya para astronot bersiap untuk menerima kejutan terakhir. kata SSering turun Berarti dorong ke atas sebelum balok menyentuh tanah.

READ  Jamur parasit yang tumbuh pada fosil semut berusia 50 juta tahun

Astronot tidak diizinkan pergi segera setelah berhasil mendarat. Mereka harus menunggu tim medis untuk menemuinya.

(Fahd)

Teknologi.id | Silakan berlangganan konten kami berita Google