Mei 30, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Cara mudah mengganti seal gir depan motor yang rusak

Cara mudah mengganti seal gir depan motor yang rusak

Dibawah ini akan kita bahas cara mengganti seal gear depan motor. Tentunya cara mengganti komponen seal gir depan motor ini sangat mudah. Jadi Anda dapat dengan mudah menggunakan tips otomotif terkait segel roda gigi motor ini.

Bagi para pecinta otomotif yang sering mengutak-atik motor tentunya sudah tidak asing lagi dengan sealnya. Namun bagi yang tidak terlalu suka dengan kendaraan tersebut, mungkin belum mengetahuinya. Seal roda gigi motor merupakan komponen yang memegang peranan penting.

Seal adalah komponen yang memiliki fungsi untuk menampung oli agar tidak bocor. Jika seal rusak maka oli akan bocor keluar yang tentunya akan berdampak buruk. Bahkan bisa berbahaya bagi Anda saat menggunakan sepeda motor untuk berkendara.

Cara mengganti seal gear motor sebelum bisa anda terapkan

Segel roda gigi depan adalah komponen yang perlu Anda ganti, terutama jika sudah rusak. Jika seal rusak maka akan bocor oli dan mempengaruhi komponen motor lainnya. Hal ini dapat berdampak negatif dan mengganggu kinerja motor.

Segel roda gigi motor dapat rusak karena berbagai alasan. Misalnya disebabkan oleh paparan panas dari mesin terutama seal yang tidak original. Karena segel non original sangat mudah rusak bahkan tidak bertahan lebih dari setahun.

Baca selengkapnya: Gear motor susah nyala, ini dia penyebab dan solusinya

Alasan lainnya adalah karena level oli mesin lebih tinggi dari seharusnya. Misalnya kapasitas oli mesin hanya 8000 cc, tapi konsumsi olinya sampai 1000 cc. Ini akan merusak segel dan akhirnya membocorkan oli.

Karena itu, mau tidak mau, Anda harus mencari cara untuk mengganti seal gir depan motor. Terutama bagi mereka yang ingin mengubahnya sendiri, tetapi tidak tahu caranya. Bagaimana cara mengganti segel gigi belakang? Berikut pembahasannya:

READ  Ini adalah susunan planet terkecil di Tata Surya, dan Jupiter yang terbesar

Tidak ada gigi

Tentunya Anda harus melepas gir depan terlebih dahulu untuk mengganti seal dengan yang baru. Langkah pertama Anda perlu melepas penutup rantai dan kemudian melepas gigi depan motor terlebih dahulu. Longgarkan baut roda gigi depan menggunakan kunci pas.

Setelah itu anda bisa langsung melepas kedua baut penahan tersebut dan melepas plat penahannya. Untuk melepas pelat penahan, Anda bisa memutarnya sedikit, lalu menariknya hingga lepas. Setelah itu Anda dapat dengan mudah melepas persneling dan rantai.

Cara mengganti seal gir depan motor dengan melepas seal

Setelah persneling dilepas, Anda akan mendapati area sekitar seal basah dan kotor akibat oli. Ini menunjukkan jika segel benar-benar rusak dan bocor. Sebelum melepaskan segel, Anda bisa membersihkan area sekitarnya terlebih dahulu.

Baca selengkapnya: Pastikan gigi mundur motor adalah ukuran yang benar

Cara mengganti seal gear depan selanjutnya adalah dengan melepas seal gear. Lepaskan segel menggunakan alat, tapi hati-hati. Bahkan tidak merusak bagian dalam segel karena bisa lebih buruk.

Pasang segel baru

Setelah segel lama dilepas, Anda bisa memasang segel baru yang masih bagus. Untuk memudahkan pemasangan, Anda bisa mengoleskan sedikit minyak pada bagian tengah seal. Setelah itu, pasang segel secara perlahan dan Anda dapat memutarnya.

Untuk memastikan segel benar-benar terpasang di dalam, Anda bisa menggunakan alat untuk menyadapnya. Pada cara mengganti seal gir depan motor, pastikan untuk memencet seal secara merata. Tujuannya agar dapat memasang seal secara akurat dan benar.

Saat memilih seal roda gigi, Anda harus memilih seal dengan ukuran yang tepat. Ukuran seal gir depan sepeda motor sebenarnya berbeda-beda tergantung model dan tahun pembuatan sepeda motor tersebut. Jadi, Anda perlu mengetahui ukuran segel yang tepat untuk sepeda motor Anda.

READ  Studi tersebut mengungkapkan mengapa buaya lebih kecil dari penampilan mereka - semua sisi

Selain itu, pastikan untuk memilih stempel yang terbuat dari bahan atau produk berkualitas baik. Pilih segel yang terbuat dari bahan yang tahan panas, gesekan, dan keausan. Dengan ukuran yang tepat dan segel kualitas, masa pakai juga panjang.

Ubah persneling

Cara mengganti seal gear depan motor

Setelah segel baru dipasang, Anda dapat memasang kembali gear motor. Caranya mirip dengan menghapusnya tetapi dengan urutan terbalik. Untuk memudahkan pemasangan, Anda bisa melonggarkan rantai terlebih dahulu.

Baca selengkapnya: Sebelum gigi rusak, kenali penyebab dan cara mengatasinya

Cara mengganti seal gear depan motor yang rusak dan bocor. Jika tidak bisa diganti, jangan ragu untuk membawa sepeda motor ke bengkel biasa. (R10/HR-Online)