Mei 26, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Al Sudais: Umat Islam harus berdoa untuk Palestina dan tidak terhasut untuk berperang

Al Sudais: Umat Islam harus berdoa untuk Palestina dan tidak terhasut untuk berperang

Riyadh (Arrahmah.id) – Syekh Abdul-Rahman Al-Sudais, kepala urusan agama di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, menyerukan umat Islam untuk berdoa untuk Gaza dan mematuhi pihak berwenang. Ia juga meminta masyarakat tidak memprovokasi dan mendukung aksi protes tersebut.

“Tahukah Anda apa yang terjadi pada saudara-saudara kita di Palestina. Apa yang harus kita lakukan untuk mereka selain salat,” kata Al Sudais dalam ceramahnya di Masjidil Haram yang diunggah di akun resmi Masjidil Haram urusan agama. Masjid Nabawi (@PRAGOVSA), dikutip Avras (11/11/2023).

Al Sudais juga menghimbau umat Islam untuk tidak terprovokasi dan terpecah belah terkait isu tersebut, yang secara tersirat melarang terjadinya pertempuran.

“Umat Islam harus mengembalikan masalah ini kepada penguasa dan ulama mereka dalam situasi seperti itu dan tidak ikut campur atau menuruti apa yang tidak berhak mereka lakukan,” tambahnya.

Di saat yang sama, Al Sudais juga menyerukan umat Islam untuk berdonasi kepada rakyat Palestina melalui jalur resmi.

Al Sudais kemudian memuji komitmen Arab Saudi terhadap perjuangan Palestina. Ia juga mengapresiasi upaya Saudi dalam mendukung keamanan, perdamaian, dan kehidupan bermartabat rakyat Palestina.

Ia mengecam tindakan agresif Israel dan mengatakan tindakan tersebut tidak dapat diterima dari sudut pandang agama dan adat istiadat internasional.

“Mereka telah melanggar kesucian dan kesucian agresi mereka dan merampas hak-hak orang yang tidak bersalah,” katanya.

Namun, ceramah Al Sudais tidak mendapat tanggapan yang sepenuhnya positif, sehingga banyak pejabat, jurnalis, dan akademisi menganggap ceramah Al Sudais kontroversial.

Berdasarkan Ramadhan2.com (11/11), mereka merasa ceramah tersebut tidak terlalu menyentuh penderitaan warga Gaza dan menuduhnya mendorong umat Islam untuk diam dan tidak melakukan perlawanan. (hanum/arrahmah.id)

READ  8 Tanaman Hias Yang Akan Populer di Halaman 2021