Mei 30, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

12 tewas dalam serangan Israel terhadap rumah sakit Indonesia di Gaza, Palestina

12 tewas dalam serangan Israel terhadap rumah sakit Indonesia di Gaza, Palestina

Jakarta, Tidak online

Pasukan Israel mengepung, menyerang, dan mengebom rumah sakit Indonesia (RS) di Jalur Gaza, Palestina. Sebanyak 12 orang dilaporkan tewas akibat penyerangan di lingkungan rumah sakit tersebut sejak Senin (20/11/2023) pagi waktu setempat.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Palestina Ashraf al-Qudra mengatakan, korban jiwa termasuk dokter dan pasien akibat serangan Israel. Sementara itu, sekitar 700 orang, termasuk tenaga medis dan pasien, masih dirawat di rumah sakit.

“Kami khawatir pasukan Israel akan mengulangi apa yang mereka lakukan di rumah sakit al-Shifa,” katanya seperti dikutip. Al JazeeraSenin (20/11/2023).

Dia mengatakan pasukan Israel terus mengintensifkan serangan. Bahkan ruang operasi utama RS Indonesia pun rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

Meski begitu, dia mengatakan staf medis masih tinggal di rumah sakit untuk merawat pasien yang terluka. Tim medis mengatakan rumah sakit tersebut menjadi sasaran dalam semalam tanpa peringatan apa pun.

kepala Tim Tanggap Darurat Medis (MER-C) Indonesia meminta Sarbini Abdul Murad Israel menarik pasukannya dari sekitar rumah sakit.

“Ini merupakan serangan tidak manusiawi yang harus dikutuk karena merupakan tempat yang perlu dilindungi. Kami menyerukan Israel untuk menarik pasukannya dari sekitar RS Indonesia agar menjadi tempat yang aman bagi mereka yang mencari pertolongan medis,” ujarnya. .

Sebagai informasi, sejak perang meletus pada 7 Oktober 2023, Israel telah melakukan serangan terhadap banyak fasilitas umum seperti sekolah, tempat ibadah, dan rumah sakit.

Sebelumnya, pasukan Israel menghancurkan Rumah Sakit Al-Shifa di selatan Kota Gaza, yang kini sudah tidak berfungsi. Baru-baru ini, sebuah rumah sakit Indonesia menjadi sasaran Israel, menewaskan 12 orang dan melukai beberapa staf medis.

READ  Secara resmi, Bahrain melarang pengunjung dari Indonesia

Dalam pemberitaan media Dia meninggal, Pasukan pendudukan Israel mengepung sebuah rumah sakit Indonesia dengan puluhan kendaraan militer lapis baja yang berjarak kurang dari satu kilometer. Mereka menempatkan penembak jitu di atap gedung dekat rumah sakit dan mencegah ambulans mencapai rumah sakit untuk mengangkut korban luka.

Sebagai wujud kepedulian terhadap bangsa Palestina, PBNU melalui NU Peduli-LAZISNU, Rekening BSI 7015 654 583 a/n PP LAZIS NU Non Zakat atau Rekening BCA 0680 1926 Lembaga Amil Zakat Amanah NU Infaq dan Sadaqah. Bantuan juga dapat diberikan melalui tautan https://nucare.id/program/pedulipalestina.