Juni 20, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Angkatan Udara Filipina menerima dua helikopter serang T129 ATAK terakhir

Angkatan Udara Filipina menerima dua helikopter serang T129 ATAK terakhir

PAF

KIJANG

Tinjauan Wilayah Udara – Angkatan Udara Filipina (PAF) telah menerima dua helikopter serang T129 ATAK terakhir dari enam yang dipesan dari Dirgantara Turki (TA).

Resepsi helikopter diadakan di Pangkalan Udara Cavite, barat daya ibu kota, Manila, pada tanggal 17 Mei 2024, dihadiri oleh Panglima Komando Tempur Udara Jenderal Julono C. Laurens.

Kedua helikopter dengan nomor ekor 1505 dan 1506 ini akan bergabung dengan helikopter sebelumnya di Sayap Serangan ke-15 PAF.

AgustaWestland/TA T129 ATAK adalah helikopter serang segala cuaca bermesin ganda, kursi tandem, dan multifungsi. Helikopter ini dibangun di atas platform AgustaWestland A129 Luwak.

T129 dirancang untuk lingkungan yang panas, dataran tinggi, dan medan terjal, pengintaian siang dan malam, serta misi serangan bersenjata.

Program ATAK diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Bersenjata Turki akan helikopter pengintai dan serang taktis bersenjata.

Helikopter tersebut merupakan hasil integrasi avionik, modifikasi badan pesawat, dan sistem persenjataan yang dikembangkan Turkiyw pada badan pesawat AgustaWestland A129, dengan peningkatan mesin, transmisi, dan baling-baling.

Pengadaan helikopter T129 ATAK merupakan bagian dari program prioritas di bawah program modernisasi PAF Horizon 2. (RNS)

READ  Netizen yang membahas angkatan laut Twitter, dapat mencoba: Okason Techno