Juni 25, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Apa itu albaik, restoran ayam Arab Saudi yang viral di Indonesia?  halaman semua

Apa itu albaik, restoran ayam Arab Saudi yang viral di Indonesia? halaman semua

KOMPAS.com – Restoran cepat saji ALBAIK mulai populer di Indonesia beberapa tahun lalu.

Setahun belakangan, masakan ayam goreng albaik kembali viral di Indonesia. Ada beberapa usaha jasa terpercaya (jastip) yang menyediakan menu ALBAIK.

ALBAIK sebenarnya tidak hanya menyajikan ayam goreng dengan kentang goreng dalam satu paket yang banyak beredar di media sosial.

Makanan Ayam Albaic, Makanan Nugget Fillet Ayam, Sandwich Fillet Ayam, Burger Fillet Ayam, Snack Nugget Fillet Ayam, Makanan Udang Jumbo, Makanan Fillet Ikan, Hommos, Salad Es Krim Coleslaw,

Namun, ALBAIK Chicken Meal menjadi menu favorit banyak pelanggan termasuk masyarakat Indonesia.

Potongan ayam goreng Albaic yang berbentuk dada, sayap, dan paha menjadi istimewa karena teksturnya yang empuk dan juicy.

Konon juga memiliki aroma yang membuat perut keroncongan saat mengantre untuk membeli hidangan ini.

Saus celup khas ALBAIK, saus bawang putih telah menjadi populer di kalangan banyak orang.

Menu ALBAIK Chicken Meal dihargai 18-19 Riyal atau Rs. 71.000 menjadi Rp. 75.000 hingga.

Baca selengkapnya:

Buka sejak 1974

Shutterstock/MDXB Restoran Albaic di Arab Saudi. Menu ayam goreng ini populer di kalangan jemaah maupun masyarakat Indonesia.

Dari situs resminya, awal mula nama restoran tersebut adalah Restoran Prast. Restoran ini pertama kali didirikan pada tahun 1974 di Jeddah, Arab Saudi.

Pendiri Prost Restaurant, almarhum Shakur Abukhasala, melihat perlunya makanan berkualitas baik yang dapat disajikan dengan cepat, sopan, dan dalam lingkungan yang bersih.

Shakur kemudian mengadakan perjanjian perdagangan eksklusif dengan perusahaan asing, menggunakan campuran bahan dan peralatannya sendiri saat membuat ayam goreng.

Brast Restaurant berjasa memperkenalkan konsep ayam “panggang” di Arab Saudi dan pertama kali dibuka di persimpangan Jalan Al Madinah dan Jalan Palestina di Jeddah.

READ  MU tidak diberi cukup waktu

Dua tahun lalu, Prost Restaurant membuka cabang pertama atau outlet kedua di Al Thaqeel Building.

Putra Shakur, Ihsan Abughasala, melanjutkan pengembangan restoran tersebut ketika dia meninggal karena kanker pada usia 48 tahun.

Ihsan yang saat itu sudah lulus kuliah kembali ke Jeddah untuk meluncurkan kembali bisnis makanan ayahnya dengan menawarkan ayam “panggang” serupa.

Baca selengkapnya:

Ubah nama restoran menjadi ALBAIK

Menu Fillet nugget albaike. shutterstock/EIJAZ Menu Fillet nugget albaike.

Ihsan, dengan bantuan saudaranya Rami yang baru saja lulus kuliah, mulai menata ulang bisnis ayahnya.

Keduanya belajar cara memasak ayam goreng yang benar, alur bisnis makanan, sistem teknologi makanan untuk memastikan kualitas dan meningkatkan efisiensi.

Sebanyak 18 resep bumbu umum dan rahasia yang dikembangkan Ihsan dan saudaranya selama tiga tahun sejak 1984.

Operasi, pemasaran, dan pengemasan yang lebih baik membuat kedua bersaudara ini memutuskan untuk membuat merek restoran baru, yang sekarang dikenal sebagai ALBAIK.

Nama restoran Brast diubah menjadi ALBAIK pada tahun 1986.

Restoran ayam goreng ALBAIK memperkenalkan makanannya di Jeddah dan berhasil menarik banyak pelanggan.

Juga, ALBAIK membuka restoran di Makkah Al Muqaramah pada tahun 1990. Saat ini, terdapat enam restoran ALBAIK di area yang sama.

Baca selengkapnya: Resep Gulai Kambing Arab, perpaduan bumbunya yang enak bikin ketagihan

Restoran Albaic di Arab Saudi.  Menu ayam goreng ini populer di kalangan jemaah maupun masyarakat Indonesia. Shutterstock/MDXB Restoran Albaic di Arab Saudi. Menu ayam goreng ini populer di kalangan jemaah maupun masyarakat Indonesia.

Menu baru akan muncul

ALBAIK terus menunjukkan eksistensinya sebagai restoran cepat saji di masyarakat Arab Saudi dengan menu ayam unggulannya.

Nama restoran ini cukup dikenal oleh para peziarah. Bahkan, ALBAIK diundang oleh pemerintah Arab Saudi pada tahun 1998 untuk menyediakan makanan berkualitas bagi jamaah.

READ  Makhluk Laut Aneh Seukuran Truk Ditemukan di Pantai, Hewan Apa Itu?

20 tahun lalu, restoran ALBAIK masih populer di kalangan peziarah karena menunya, konsepnya, dan lokasinya yang tidak terlalu jauh.

Berbagai menu baru telah dikembangkan oleh ALBAIK diantaranya Ayam Pedas, Nugget Fillet Ayam dan Udang.

Kini, ALBAIK juga memiliki konsep baru bernama ALBAIK Xpress yang pertama kali didirikan pada tahun 2002.

ALBAIK Xpress sudah memiliki total sembilan restoran di empat kota.

Baca selengkapnya: Resep kopi arab dengan campuran rempah untuk menambah stamina


Dapatkan pembaruan Berita khusus Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link nya https://t.me/kompascomupdate, lalu bergabung. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.