Juni 20, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Astronom amatir menemukan lima galaksi baru

Astronom amatir menemukan lima galaksi baru

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta — Satu Astronom amatir Lima ditemukan dari Italia Rasi bintang kerdil Berada di sekitar galaksi spiral yang jauh, ini adalah salah satu galaksi terbesar di langit di atas Bumi. Itu adalah astronom Giuseppe Donatiello, lima galaksi katai yang sekarang bernama Donatiello V, Donatiello VI, Donatiello VII, Donatiello VIII dan Donatiello IX (Do V, Do VI, Do VII, Do VIII dan Do IX).

“Dari 11 penemuan, sembilan galaksi menggunakan nama saya. Sepengetahuan saya, saya adalah astronom amatir pertama dan satu-satunya yang menamai galaksi dengan nama saya,” kata Donatiello. ruang angkasa, Jumat (24/5/2024).

“Semuanya dimulai dengan penemuan pertama pada tahun 2016, ketika saya menemukan apa yang saya sebut Donatiello I dalam astrofotograf saya. Meskipun ini adalah prosedur yang tidak biasa, merupakan kebahagiaan besar memiliki galaksi baru yang dinamai menurut nama saya,” tegasnya.

Satelit yang baru ditemukan ini bergabung dengan tiga galaksi katai yang sebelumnya ditemukan oleh Donatiello di sekitar Galaksi Sculptor, yang secara resmi dikenal sebagai NGC 253, dan dalam banyak hal, galaksi-galaksi ini menarik karena alasan selain penamaannya.

Pada jarak rata-rata 11,5 juta tahun cahaya dari Bumi, galaksi kecil yang sangat redup seperti ini sulit dideteksi, namun galaksi ini dapat membantu para astronom mempelajari bintang tertua di alam semesta kita, membedah sifat dan distribusi materi gelap, dan bahkan mungkin mempengaruhi model kosmologis saat ini.

“Biasanya, galaksi katai adalah objek dengan luminositas sangat rendah. “Cukuplah dikatakan bahwa banyak satelit Bima Sakti yang sulit dideteksi karena tersembunyi dengan baik di bidang bintang,” kata Donatiello.

READ  Robot Rogue NASA Kunjungi Panorama Baru yang Indah di Mars - Semua Halaman

“Hal ini menjadi semakin sulit bagi galaksi terluar,” jelasnya lagi.

Oleh karena itu, setiap penemuan baru penting dalam konteks sensus dan untuk pengetahuan yang lebih baik tentang struktur alam semesta dan evolusinya. Di mana letak semua galaksi katai?

Ada galaksi di Bima Sakti.