April 25, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Banyak perbincangan soal penutupan Gmail tahun ini, berikut faktanya

Banyak perbincangan soal penutupan Gmail tahun ini, berikut faktanya

KOMPAS.com – Baru-baru ini, di Media sosial Seperti X (sebelumnya Twitter), banyak berita tentangnya Gmail akan ditutup Google Pada tahun 2024. Banyak netizen yang sangat sedih dengan kabar ini Gmail ditutup Itu benar.

Kabar penutupan Gmail muncul dalam tweet dari sebuah akun dasar dengan Menangani @tanyakanrl. Dalam cuitan yang diunggah pada 27 Februari 2024, pengirimnya mengatakan jika Gmail dimatikan, apa yang akan terjadi pada platform lain yang terhubung dengannya.

Baca Juga: 4 Cara Mudah dan Praktis Mengganti Password Gmail di Ponsel

Selain itu, banyak pula tweet yang membagikan kabar bahwa Gmail telah ditutup. Benarkah Gmail akan ditutup pada tahun 2024 karena banyak netizen yang berdebat?

Akankah Gmail ditutup tahun ini?

Kabar Gmail ditutup tidak benar, hanya hoax. Berdasarkan riset kami, hoax penutupan Gmail mulai bermunculan Media sosial X, tepatnya seminggu sebelum tanggal 23 Februari 2024.

x.com/@varunramg X Adegan hoax tertutup Gmail yang beredar luas di media sosial.

Hoaks tersebut bermula dari tangkapan layar pesan Google berjudul “Google Is Sunsetting Gmail” atau “Google Menutup Gmail” dalam bahasa Indonesia. Pesan tersebut berisi peringatan bahwa Gmail akan ditutup secara resmi pada 1 Agustus 2024.

Saat itu, beberapa pengguna membagikan tangkapan layar pesan tersebut di media sosial X. Namun tak lama setelah hoax Gmail tersebut ditutup, pihak Gmail langsung membantahnya.

Sementara itu, pada tanggal 23 Februari 2024, Gmail memposting di akun resminya X, “Gmail is here to stay” atau “Gmail masih ada,” seperti yang tertera pada tweet di bawah ini.

Jadi sekali lagi kabar Gmail ditutup hanyalah hoax belaka. Di sisi lain, yang menjadi kehebohan penutupan Gmail ini adalah fakta bahwa Google akan menghentikan secara bertahap salah satu layanan Gmail-nya tahun ini.

READ  Seri smartphone Samsung Galaxy S21 mendapat dukungan fitur ISIM dengan One UI 4.0 berbasis Android 12

Baca Juga: 5 Cara Mudah Melihat Password Gmail yang Terlupa di Ponsel dan Laptop

Satu-satunya kelemahan layanan visual Gmail adalah sederhana

Penutupan ini hanya untuk satu layanan, bukan seluruh platform Gmail. Akhir tahun lalu, Google mengumumkan akan menutup layanan sederhana Gmail View, atau Gmail HTML View, mulai tahun ini.

Sekadar informasi, Gmail umumnya tersedia dalam dua format situs web. Pertama, Tampilan Standar atau Tampilan Standar Gmail yang umum diakses oleh sebagian besar pengguna saat ini. Tampilan konstan ini telah ada selama 10 tahun.

Gmail yang paling umum digunakan saat ini adalah Tampilan Standar.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Gmail yang paling umum digunakan saat ini adalah Tampilan Standar.

Kemudian yang kedua, tampilan HTML Gmail sederhana dan tidak banyak animasi seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Google akan menutup layanan tampilan Gmail sederhana ini mulai tahun ini.

Fitur Tampilan HTML Gmail akan ditutup tahun ini.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Fitur Tampilan HTML Gmail akan ditutup tahun ini.

Pengguna tetap dapat mengakses layanan Gmail HTML View. Untuk mengaksesnya, pengguna bisa untuk masuk Gmail melalui URL ini https://mail.google.com/mail/u/0/h.

Tampilan HTML Gmail masih dapat diakses kapan pun Anda mau untuk masuk Pesan peringatan akan ditampilkan kepada pengguna bahwa layanan akan ditutup. Dalam pemberitaan tersebut diketahui Gmail HTML View akan ditutup mulai Februari 2024.

Pemberitahuan penutupan tampilan HTML Gmail mulai Februari 2024.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Pemberitahuan penutupan tampilan HTML Gmail mulai Februari 2024.

Kemudian, setelah ditutup, otomatis pengguna akan menggunakan tampilan standar Gmail. Akibatnya, pengguna yang terbiasa menggunakan Gmail HTML View tidak bisa lagi membuka Gmail dengan tampilan biasa.

Dibandingkan dengan Gmail Standard View, layanan Gmail View sederhana ini memiliki fitur yang terbatas. Tampilan HTML Gmail tidak memiliki fitur seperti obrolan, pemeriksaan ejaan, pintasan keyboard, impor kontak, dan pemformatan teks yang lebih baik.

READ  10 Smartphone Tercepat Hingga Maret 2021 Versi AnTuTu Yang Jadi Pemenangnya

Di sisi lain, meski tampilannya sederhana dan fiturnya terbatas, Gmail HTML View nyatanya punya banyak keunggulan. Misalnya, Gmail versi sederhana ini memungkinkan pengguna membuka Gmail lebih cepat karena lebih ringan dibandingkan versi standar.

Baca Juga : Cara Cepat Menghapus Email di Gmail

Kemudian, dengan Gmail HTML View, pengguna akan dapat mengakses Gmail di perangkat lama atau perangkat “jadul” dengan browser lama. Karena ringan, Gmail HTML View memungkinkan Anda mengaksesnya dengan koneksi internet yang lambat.

Jadi, jika Gmail berjalan tanpa tampilan HTML, pengguna akan sepenuhnya bergantung pada versi tampilan standar. Sementara itu, tidak jelas apakah Google berencana menambahkan mode rendah baru sebagai layanan tampilan Gmail sederhana.

Dapatkan berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Ayo bergabung di saluran WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link tersebut https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.


Dapatkan pembaruan Berita khusus Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Update Berita Kompas.com” dengan klik linknya https://t.me/kompascomupdate, lalu bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.