Desember 3, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Batas nasional pulau pasir yang diklaim oleh Australia

Jakarta

Ini adalah peta batas antara Australia dan Indonesia di Pulau Pasir yang diklaim oleh penduduk Nusa Tenggara Timur sebagai wilayahnya. Peta ini dari Pemerintah Australia.

Peta ini dipublikasikan di situs resmi Australian Fisheries Management Authority, diakses detikcom, Senin (24/10/2022).

kotak MOU

Pulau pasir dalam geografi Australia dikenal sebagai Ashmore dan Cartier Islands. Pulau-pulau tersebut termasuk dalam apa yang dikenal sebagai Kotak Pemahaman.

‘Area berbentuk kotak’ yang dicakup dalam MoU ini terletak di antara NTT Rhode Island (atau Pulau Roti) dan barat laut Darwin, Australia, di Samudra Selatan antara Samudra Hindia dan Laut Timor. Luas MoU adalah 50.000 km persegi. Nelayan tradisional (bukan nelayan modern) diperbolehkan menangkap ikan di area MoU. Selain Ashmore Atoll dan Cartier Island, Seringbottom Reef, Scott Coral Cluster dan Prouse Island termasuk dalam MoU ini.

Australia mematuhi Memorandum of Understanding (MoU) 1974 antara negaranya dan Pemerintah Indonesia (Memorandum of Understanding Australia-Indonesia tentang Kegiatan Perikanan Tradisional Indonesia di Zona Penangkapan Ikan Australia dan Landas Kontinen – 1974).

Karena itulah kawasan itu disebut Kotak MoU. Sebuah nota kesepahaman tahun 1974 menyepakati bahwa nelayan tradisional Indonesia dapat menangkap ikan di sini. Australia mengakui bahwa nelayan tradisional dari Indonesia telah mencapai pulau-pulau ini selama berabad-abad untuk ikan dan teripang.

Kepulauan Ashmore dan Cartier (situs web Geology Australia)

Pedoman yang diturunkan dari Nota Kesepahaman disepakati pada tahun 1989 untuk menyepakati batas-batas di mana nelayan tradisional diizinkan untuk beroperasi di zona penangkapan ikan 200 mil ini.

Di sisi lain, pada tahun 1983 Australia mendeklarasikan Kepulauan Ashmore dan Cartier sebagai kawasan laut yang dilindungi.

Lihat diagram kotak MOU. Seperti yang terlihat, Ashmore Reef Marine Park merupakan kawasan perbatasan Australia yang masuk ke wilayah Indonesia. Pulau Cartier (Taman Laut Pulau Cartier) terletak di pedalaman Australia.

Peta Australia menunjukkan Kepulauan Ashmore dan Cartier di wilayah Australia.  (Komisi Pengelolaan Perikanan Australia)Peta Australia menunjukkan Kepulauan Ashmore dan Cartier di wilayah Australia. (Komisi Pengelolaan Perikanan Australia)

Perbatasan Australia dengan Indonesia di lautan ini sangat banyak, termasuk pulau Ashmore dan Cartier yang tidak dikenal tetapi dipagari di Indonesia. Kepulauan Ashmore dan Cartier atau Pulau Pasir adalah perbatasan laut Australia di sini.

Batas Laut:
– Batas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Australia
– Perkiraan batas ZEE Indonesia
– 1997-Australia-Indonesia Boundary Delimitation Agreement-ZEE Boundary (belum diratifikasi)
– Wilayah Kontrol Perikanan Sementara dan Batas Penegakan Hukum Australia-Indonesia (1981)
– Mau Kotak (1974)

Warga NTT Ferdi Tanoni suruh Australia keluar

Sebelumnya diberitakan Antara, Ferdi Tanoni yang mengaku memegang amanat hak ulayat masyarakat adat Pesisir Timur mengancam akan membawa kasus tersebut ke pengadilan di Negeri Kanguru. Dia meminta Australia untuk meninggalkan Pulau Pasir.

“Kalau Australia tidak mau keluar dari gugusan pulau Pasir, terpaksa kami akan ambil kasus di Australian Commonwealth Court di Canberra mengenai hak-hak masyarakat adat kami,” kata Ferdi seperti dikutip Antara, Sabtu (22/10). ). Kemarin.

Kepulauan Ashmore dan Cartier (situs web Geology Australia)Pulau Karang Ashmore (situs web Geosciences Australia)

Dia mengatakan Australia telah melakukan operasi pengeboran minyak di daerah tersebut. Klaim Australia didasarkan pada Nota Kesepahaman 1974 Indonesia dengan Australia.

“Sebenarnya wilayah itu milik suku Timor, Rhode dan Alor,” kata Ferdi.

Lihat juga ‘Pimpinan Perekonomian Perbatasan Indonesia-Australia’:

[Gambas:Video 20detik]

(dnu/tor)

READ  Segera hadir, apakah Samsung Galaxy Z Fold 3 akan menggunakan kamera di bawah layar?