April 25, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Berikut cara dan cara screenshot di laptop tanpa ribet

Berikut cara dan cara screenshot di laptop tanpa ribet

Cara Screenshot Laptop Menggunakan Keyboard Laptop

Cara Screenshot Laptop Menggunakan Keyboard Laptop

Suaranusantara.com- Bagi pengguna laptop berbasis Windows, sangat penting untuk memahami beberapa pedoman dasar untuk mengoperasikannya. Salah satu aktivitas yang sayang untuk dilewatkan adalah screenshot, yang merupakan aktivitas penting dalam mendokumentasikan aktivitas di layar laptop Windows.

Screenshot atau yang lebih dikenal dengan screenshot merupakan salah satu cara untuk merekam objek atau adegan yang muncul di layar laptop. Ini berguna ketika pengguna perlu mendokumentasikan pesan, aplikasi, atau tampilan situs web untuk berbagai tujuan.

Dengan screenshot, pengguna dapat menyimpan tampilan dalam format gambar untuk referensi atau dibagikan.

Berikut cara mengambil screenshot di laptop Windows

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengambil screenshot di laptop Windows, antara lain:

1. Tombol Cetak Layar (PrtScn)

Tekan tombol Print Screen pada keyboard untuk mengambil screenshot layar penuh. Hasilnya bisa di paste ke aplikasi seperti Paint atau Office untuk menyimpan gambar.

2. Tombol Alt + Cetak layar

Tekan tombol Alt + Print Screen untuk mengambil tangkapan layar dari jendela yang aktif. Ini berguna ketika Anda ingin fokus pada aplikasi atau jendela tertentu.

3. Tombol Fn + Cetak Layar

Jika tombol Print Screen biasa tidak berfungsi, Anda dapat mencoba tombol Fn + Print Screen. Ini juga mengambil tangkapan layar seluruh layar seperti tombol Print Screen biasa.

4. Tombol Windows + Layar Cetak:

Tekan tombol Windows + Print Screen untuk secara otomatis menyimpan tangkapan layar seluruh layar dalam format gambar PNG ke folder Galeri.

5. Tombol Windows + Shift + S

Tekan tombol Windows + Shift + S untuk membuka aplikasi Snipping Tool, yang memungkinkan pengguna memilih area tertentu di layar untuk mengambil tangkapan layar.

READ  GeForce RTX3080D dan RTX3070T akan dijual

6. Tombol Windows + G:

Tombol Windows + G membuka Xbox Game Bar, yang memiliki fitur tangkapan layar untuk jendela aktif.

7. Gunakan alat pemotong

Aplikasi bawaan Windows bernama Snipping Tool memungkinkan pengguna memilih area tertentu di layar untuk mengambil tangkapan layar.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang berbagai metode tangkapan layar ini, pengguna dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar sesuai kebutuhannya. Ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan pengalaman pengguna di laptop Windows.