Juni 20, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Bocoran Fitur AI di iOS 18: Emoji Kustom & Transkrip Rekaman, Membutuhkan iPhone Terbaru

Bocoran Fitur AI di iOS 18: Emoji Kustom & Transkrip Rekaman, Membutuhkan iPhone Terbaru

Jakarta, Gismologi – Apple siap mengadakan konferensi khusus bulan depan bertajuk WWDC 2024 untuk pengembang aplikasi. Di acara kali ini, Apple siap memamerkan perkembangan fitur AI dan kini muncul bocoran terbaru terkait fitur AI di iOS 18.

Saat ini, Samsung bisa dibilang menjadi pemimpin dalam penyematan fitur AI ke dalam software atau antarmuka One UI, disusul Google dengan beberapa fitur eksklusif Pixel. Bocoran kali ini kembali datang dari Mark Gurman yang sebelumnya mengirimkan email mingguan yang mengatakan bahwa tahun ini akan menjadi tahunnya Apple mulai memprioritaskan AI.

Di WWDC, Apple meluncurkan strategi baru secara internal yang disebut Project Graymatter. Sejumlah fitur berbasis AI akan tersebar di aplikasi-aplikasi besar seperti Safari, Foto, dan Notes. Fitur AI di iOS 18 yang menawarkan lebih banyak penyesuaian.

Baca Juga: Unboxing iPad Pro M4 & Magic Keyboard Terbaru, Layaknya MacBook

Galaxy AI akan bersaing dengan fitur AI di iOS 18

iPhone 13 Pro iOS 15.4 Beta Publik

Dimulai dari platform iPhone yakni iOS. Dibandingkan dengan Android, iOS terlihat sangat terbatas dalam penyesuaian — opsi widget di layar kunci hanya tersedia di dua generasi terakhir iOS. Fitur AI di iOS 18 disebut-sebut memungkinkan pengguna memberikan sentuhan yang lebih personal.

Mark mengatakan, tampilan home screen kedepannya akan mengalami perubahan yang cukup signifikan. Termasuk kemampuan untuk mengubah palet warna ikon aplikasi agar sesuai dengan yang lain. Mulai tahun 2007, urutan ikon tidak dapat diatur ulang baik secara berurutan maupun tidak. Selain itu, banyak fitur AI di iOS 18 yang bisa dikatakan setara dengan Galaxy AI.

Misalnya saja kemampuan mengedit foto dengan AI, mentranskripsikan pesan suara, dan mencari konten dengan cepat melalui Spotlight. Safari juga akan menawarkan rekomendasi yang lebih personal saat mencari, membalas pesan, atau email. Selain itu, fitur AI di iOS 18 adalah AI yang dapat dibangun untuk emoji.

Apple dilaporkan sedang mengembangkan perangkat lunak khusus untuk membuat emoji khusus berdasarkan pengetikan pengguna di obrolan, sehingga pengguna tidak perlu mencari emoji yang tepat dari serangkaian emoji. Berkat LLM dan pengembangan AI generatif, asisten suara Siri akan memiliki suara yang lebih natural.

Pemrosesan AI pada perangkat hanya pada perangkat yang lebih baru

iPhone 15 Pro Max Natural Titanium menghadirkan AI di iOS

Selain kustomisasi dan fitur baru, fitur AI di iOS 18 memungkinkan pengguna menikmati fitur baru bernama “Smart Recaps” yang secara otomatis memberikan ringkasan notifikasi yang terlewat, artikel di website, dokumen, dan informasi lainnya. Kabar baiknya adalah iPadOS 18 dan macOS 15 akan memiliki banyak fitur AI, kata Mark Gurman.

Banyak fitur AI yang tidak memerlukan pemrosesan rumit dijalankan langsung dari perangkat, sementara tugas berat diproses melalui cloud. Sayangnya, pemrosesan di perangkat dikatakan hanya tersedia untuk perangkat iPhone, iPad, dan Mac yang dirilis tahun lalu.

Nanti di WWDC, Apple akan memperkenalkan OpenAI sebagai mitra untuk menghadirkan lebih banyak fitur AI di perangkat lunak perangkat barunya. Apple juga akan memberikan informasi mengenai perlindungan data, terutama ketika banyak fitur AI-nya yang memerlukan pemrosesan di server cloud.