November 28, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Cari tahu tentang pena asteroid tua dan misterius

Pesawat luar angkasa Osiris-Rex NASA mengambil sampel asteroid dari Pennu untuk penelitian Bumi.

REPUBLIKA.CO.ID, Washington – Pesawat luar angkasa NASA OSIRIS-REx membuka lengan robotiknya dan menyentuh asteroid Pennu pada Selasa (20/10). Wahana Osiris mengumpulkan debu dan kerikil dari permukaan asteroid.

Misi OSIRIS-REx bertujuan untuk membawa model kembali ke Bumi pada tahun 2023. Pesawat ruang angkasa OSIRIS-REx berukuran van 15 penumpang saat ini sedang mengorbit Pena Asteroid 321 juta km dari Bumi.

Saat pesawat ruang angkasa OSIRIS-REx mendarat di asteroid Menentukan Pada Desember 2018, film tersebut Menutup-Perencana misi membenarkan kecurigaan tersebut: pena itu terbuat dari bahan lepas yang terkumpul secara lemah oleh gravitasi, dan dirancang sebagai permukaan spiral.

Penn mengandung bahan dari tata surya awal dan mungkin mengandung prekursor molekuler untuk kehidupan dan lautan di Bumi. Insinyur dan ilmuwan OSIRIS-REx menggunakan berbagai teknik untuk mengidentifikasi dan mengukur sampel dari jarak jauh.

Jika acara pengumpulan sampel 20 Oktober menyediakan sampel yang cukup, tim misi akan memerintahkan pesawat ruang angkasa untuk mulai menyimpan kargo guna memulai perjalanan kembali ke Bumi pada Maret 2021. Jika tidak, pada Januari 2021 mereka akan siap untuk upaya lainnya.

Inilah yang perlu kita ketahui tentang asteroid Pennu Langit Bumi, Jumat (23/10):

Sangat gelap
Pennu adalah asteroid tipe B, artinya kaya karbon dan berbagai mineral. Kandungan karbon pena membentuk permukaan asteroid, yang memantulkan 4 persen cahaya, yang jumlahnya tidak banyak.

Pennu adalah asteroid karbon yang belum mengalami perubahan komposisi yang drastis, yaitu terdapat bahan kimia dan batuan di bawahnya dan di bawah permukaannya yang padat sejak awal tata surya.

READ  Presiden Afghanistan berbicara dengan Joe Biden sebelum digulingkan oleh kebocoran Taliban

Sangat tua
Pennu (kebanyakan) tidak terputus selama miliaran tahun. Tidak hanya sangat dekat dan mengandung karbon, tetapi para ilmuwan memperkirakan bahwa asteroid tersebut adalah yang tertua, terbentuk dalam 10 juta tahun pertama dari sejarah tata surya kita, 4,5 miliar tahun yang lalu.

Pennu adalah asteroid ‘tumpukan sampah’
Asteroid di tumpukan puing seperti kandang adalah benda langit yang terdiri dari banyak puing batu yang dikompresi oleh gravitasi. Jenis tetritus ini dibuat ketika tabrakan menghancurkan benda terbesar. Menurut Pennu, asteroid itu adalah induk selebar 100 km.

Kandangnya diisi dengan lubang di dalamnya, 20 sampai 40 persen ukurannya adalah ruang kosong. Jika meteorit mulai terbang dengan cepat atau bersentuhan dengan benda-benda planet, mereka berada dalam bahaya terbang.

Meteorit ini mungkin berisi petunjuk tentang asal mula semua kehidupan di Bumi
Pennu diawetkan dalam ruang hampa dan mengorbit antara planet dan bulan serta asteroid dan komet. Karena usia Pennu, bahasa Pennu dapat dibuat dari bahan molekuler yang ada saat kehidupan pertama kali terbentuk di Bumi.

Semua makhluk hidup di bumi didasarkan pada rantai atom karbon yang terikat pada oksigen, hidrogen, nitrogen, dan elemen lainnya. Namun, bahan organik yang diharapkan para ilmuwan dalam sampel Pennu tidak selalu berasal dari biologi. Namun, penelitian ilmiah lebih lanjut akan mengungkap peran asteroid yang kaya bahan organik dalam katalisator kehidupan di Bumi.