Juli 21, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Contoh kristalisasi peristiwa dalam kehidupan sehari-hari

Contoh kristalisasi peristiwa dalam kehidupan sehari-hari

Contoh fenomena kristalisasi dibahas di bawah ini. Jika Anda tidak mengetahui contoh fenomena mengkristal, Anda harus menanyakannya. Kristalisasi atau self-crystallization adalah perubahan bentuk suatu zat.

Kita tahu bahwa banyak perubahan yang terjadi pada bentuk benda-benda di dunia ini. Perubahan bentuk meliputi peleburan, penguapan, pembekuan, sublimasi, kondensasi dan kristalisasi. Berbagai fenomena perubahan bentuk dapat terjadi akibat perubahan suhu.

Baca selengkapnya: Contoh transformasi beku dan manfaatnya dalam kehidupan

Misalnya, ketika suhu rendah, cairan berubah menjadi padat atau gas. Kemudian ketika suhu tinggi, padatan berubah menjadi cair atau gas. Gas dapat berubah wujud dari padat menjadi cair karena adanya perubahan suhu.

Contoh fenomena dan interpretasi kristal

Perubahan bentuk pencairan, pembekuan, penguapan, sublimasi dan kondensasi mungkin sudah tidak asing lagi. Dan kita sering melihatnya dalam kehidupan dan aktivitas sehari-hari. Misalnya salju mencair, air membeku, kapur barus dan sebagainya.

Namun, salah satu perubahan bentuk, seperti kristalisasi atau kristalisasi, bisa sedikit lebih eksotis. Atau mungkin Anda tidak terlalu memahaminya dan tidak tahu apa contohnya. Jika iya, apa saja perubahan bentuk kristal dan apa contohnya dalam kehidupan?

Aliran adalah kebalikan dari sublimasi, yaitu perubahan dari gas menjadi padat. Sublimasi adalah perubahan wujud dari padat menjadi gas. Perubahan bentuk kristal disebabkan oleh pelepasan panas dari bahan gas.

Contoh fenomena mengkristal dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya cukup beragam. Tapi Anda mungkin tidak menyadarinya karena tidak biasa seperti mencairkan atau membekukan. Lalu apa saja contoh kristalisasi atau crystallization? Berikut beberapa contohnya:

Salju

Contoh pertama kristalisasi adalah embun beku musim dingin. Kabut pagi berubah menjadi air dan menempel pada benda. Namun, saat cuaca sangat dingin atau musim dingin, kabut berubah secara berbeda.

READ  Kepler, teleskop yang mencari planet ekstrasurya, menemukan ribuan!

Kabut yang jatuh tidak berubah menjadi air atau salju pada benda atau tanaman. Tapi kabut menempel pada material dan kemudian membeku membentuk padatan. Namun, uap atau kabut tidak berubah menjadi cairan terlebih dahulu, tetapi langsung membeku.

Contoh peristiwa kristalisasi yang menghasilkan es

Perubahan bentuk kristal juga terjadi pada proses presipitasi menjadi es. Deposisi adalah proses pembentukan es secara langsung oleh uap air. Artinya uap air di awan tidak terlebih dahulu berubah menjadi air tetapi langsung berubah menjadi es.

Baca selengkapnya: Contoh peristiwa pemuaian dan penipisan dalam kehidupan

Diperlukan suhu yang lebih rendah untuk mengubah uap air menjadi es. Kelembaban minimum harus minus 12 hingga 15 derajat Celcius. Jika suhu kurang dingin, tentu saja proses pembentukan es tidak dapat terjadi.

Proses pembuatan es kering

Contoh kristalisasi atau perubahan bentuk kristalisasi adalah produksi es kering. Udara dingin berubah menjadi padat, yaitu es kering pada suhu minus 57 derajat Celcius. Es kering atau es kering terbuat dari gas karbon dioksida terkompresi.

Jadi selain sebagai contoh fenomena kristalisasi, es kering juga merupakan contoh sublimasi. Es kering umumnya digunakan untuk menjaga agar makanan atau minuman tetap dingin. Es kering ini memiliki umur simpan yang lebih lama dibandingkan es batu yang terbuat dari air.

Pembentukan jas hitam

Contoh dari fenomena mengkristal

Jelaga hitam yang muncul akibat knalpot atau pembakaran kendaraan merupakan fenomena kristalisasi. Pembakaran minyak bumi, batu bara atau gas alam menghasilkan asap. Asap, yang merupakan gas, menempel pada benda yang dilaluinya.

Lama kelamaan asap yang lengket berubah menjadi padatan hitam panas. Seiring waktu, komedo juga terus menebal. Jelaga tersebut dapat menempel pada knalpot kendaraan, dinding, dan tanaman di atap rumah.

READ  Apa warna bulan yang sebenarnya? Inilah mengapa ini bisa berwarna-warni

Baca selengkapnya: Jangan salah paham perbedaan antara acara yang dibekukan dan dicairkan!

Beberapa contoh peristiwa mengkristal atau mengkristal adalah peristiwa dalam kehidupan sehari-hari. Anda bisa mencoba mengamati sendiri perubahannya, terutama pada bentuk jas. Semoga pembahasan ini dapat membuat pengetahuan Anda lebih mudah dipahami. (R10/HR-Online)