Desember 5, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Duta Besar Belgia dipecat setelah istrinya menampar seorang karyawan toko di Seoul

Jakarta

Belgia mengakhiri layanan duta besarnya untuk Korea Selatan setelah istrinya menikam seorang karyawan toko di Seoul April lalu.

Ruangan tempat Siang Sookiu, istri Duta Besar Peter Les ou Hier, ditembak tertangkap kamera CCTV di sebuah toko pakaian.

Saat itu, korban ingin memeriksa barang-barang yang ditinggalkan pelaku setelah dicoba, khawatir ada yang dicuri. Seruan itu mau tidak mau menarik perhatian publik yang tajam di Korea Selatan.

Setelah penikaman, Chiang akhirnya bersatu kembali dengan korban untuk meminta maaf atas “tindakan yang tidak dapat diterima,” kata Kementerian Luar Negeri Belgia.

Namun, Menteri Luar Negeri Belgia Sophie Wilms memutuskan untuk mengakhiri tugas Duta Besar Lesco Hier pada pertengahan tahun ini setelah tiga tahun bertugas di Korea Selatan.

Duta Besar untuk Belgia di Seoul mengatakan dalam sebuah pernyataan: Facebook.

April lalu, Lesco Heier meminta maaf karena memperlakukan pegawai toko istrinya.

Sementara itu, Chiang telah mengajukan Imunitas Diplomatik agar kasus penikamannya tidak ditegakkan oleh penegak hukum setempat.

Namun, kedutaan Belgia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pemerintah Belgia telah mencabut keberatan diplomatiknya atas penangkapannya oleh polisi Korea Selatan.

Baca juga:

Pada 9 April, dia ditikam di sebuah toko pakaian di daerah Yongsan-ku Seoul.

Menurut beberapa laporan media di Korea Selatan, Chiang mencoba beberapa pakaian selama sekitar satu jam sebelum akhirnya meninggalkan toko.

Seorang staf toko mengikuti Chiang untuk memastikan istri duta besar telah membeli pakaian yang dikenakannya.

Chiang dikatakan telah mengejar karyawan itu kembali ke toko. Selama konfrontasi di depan kamera, Chiang terlihat mendorong dan menampar karyawan lain yang mencoba campur tangan.

READ  Fakta Tentang Raja Charles III dan Ibadahnya terhadap Islam

“Saya tidak tahu siapa wanita itu ketika saya diserang, tetapi dia percaya diri dan putus asa,” kata karyawan yang menampar Chiang.

Pipi pegawai toko itu bengkak karena ditampar oleh Chiang.

Pegawai toko yang ditampar istri duta besar Belgia itu mengatakan pipinya bengkak setelah kejadian itu. (Reuters)

Dalam keterangan resminya, Lesco Heier mengaku sangat menyayangkan kejadian tersebut. Dia ingin meminta maaf atas nama istrinya.

“Apa pun situasinya saat itu, reaksi istri saya tidak dapat diterima,” kata Lesco Heier.

Kedutaan Belgia di Seoul mengatakan Chiang sedang memulihkan diri dari stroke dan berada di rumah sakit.

Chiang dikatakan tidak dapat memenuhi panggilan polisi karena ia dalam pemulihan medis dari stroke yang dideritanya minggu lalu.

“Kami berharap kesehatannya cepat membaik sehingga dia bisa membantu penyelidikan polisi dengan cepat dan kita semua bisa melupakan kejadian tragis ini,” kata Lesco Hear.

(ita / ita)