Agustus 11, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Ekor panjang lereng tembok GOR Mambang

Jakarta

Runtuhnya Proyek Revitalisasi Tembok GOR Mambang Prapatan, Jakarta Selatan, memiliki ekor yang panjang. Dinas Olahraga Pemuda Jakarta (DISBORA) dipanggil polisi untuk mengusutnya.

Peristiwa itu terjadi Minggu (31/7) lalu. 2 pekerja tewas dalam insiden ini.

Dispora diperiksa Polsek TKI

Kapolsek Mambang Prabatan Kombol Subriadi mengatakan, pemeriksaan dilakukan di Disbora DKI pada Jumat (5/8) sore.

“Informasi terkait proses lelang sedang dicari,” kata Subriyadi, Jumat (5/8/2022).

Buslap menyelidiki tuduhan pengabaian

Selain itu, pihaknya juga akan memanggil panitia Puslabfor Polri untuk memastikan dugaan kelalaian dalam insiden tersebut.

“Kami panggil lab center untuk memastikan ada kelalaian atau apa,” kata Subriyadi.

Sebuah mobil tertimpa material konstruksi untuk revitalisasi Gelanggang Olahraga Mambang Prabatan di Jakarta, Minggu (31/7) lalu. Ini penampakannya sekarang (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)

Disbora mengatakan, kasus tersebut saat ini sedang ditangani Polsek Mambang Prabatan. Disphora juga membenarkan bahwa pihaknya memenuhi panggilan polisi untuk penyelidikan proses tender proyek kebangkitan GOR.

“Itu yang saya panggil petugas penjaminan (PPK), hanya meminta informasi. Bagaimana proses lelangnya,” kata Rustianto, sekretaris Disbora DKI Jakarta, Jumat (5/8/2022).

Disphora DKI menyebut tanggung jawab kontraktor terhadap korban meninggal

Dinas Pemuda dan Olahraga (DISPORA) DKI Jakarta angkat bicara soal runtuhnya tembok GOR Mampang Prapatan yang menewaskan pekerja proyek. Disbora DKI mengatakan, peristiwa itu terjadi saat kontraktor sedang membongkar bangunan untuk proyek revitalisasi GOR.

“Sengaja dirobohkan, kalau mau membangun yang baru harus membongkar yang lama,” kata Disbora Rustianto, Sekretaris DKI Jakarta.

Pembongkaran bangunan tersebut merupakan bagian dari pelepasan hak milik, kata Rustianto. Setelah itu, GOR akan hidup kembali di tanah air.

READ  DKI Tiba-tiba muncul kota baru di luar Jakarta

“Kalau dibongkar, bangunan lama dicopot dan lelang sudah dilakukan. Pihak ketiga yang memenangkan tender sedang menggarapnya,” jelasnya.

“Jadi dalam proses revitalisasi sebelum revitalisasi, terlebih dahulu bangunan lama harus dibongkar,” imbuhnya.

Rustianto menegaskan bahwa kontraktor bertanggung jawab penuh atas insiden malang itu. Sebab, gedung yang dilelang itu sepenuhnya milik pihak yang menawarkan.

Selengkapnya di halaman berikutnya

Tonton juga video: Satu Tewas Tewas Gedung Runtuh di Johor Bahru, Jakarta Pusat

[Gambas:Video 20detik]