Mei 25, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Emisi rekombinasi atom oksigen berupa lampu hijau terdeteksi di atmosfer Mars

Emisi rekombinasi atom oksigen berupa lampu hijau terdeteksi di atmosfer Mars

Teks: Arif Ibrahim
Foto: Badan Antariksa Eropa

Lampu hijau menerangi malam di Mars. Untuk pertama kalinya, cahaya malam ini terdeteksi di atmosfer Mars oleh Badan Antariksa Eropa (ESA) dalam misinya ExoMars. Jejak Pengorbit Gas (TGO). Cahaya ini cukup terang untuk dilihat manusia dan memudahkan penjelajah untuk bernavigasi di malam yang gelap.

Ini terdeteksi oleh perangkat lampu malam Mars Ekspres Satu dekade lalu berupa gelombang infra merah. Kemudian pada tahun 2020, penyelidikan TGO mengkonfirmasi temuan ini dengan mendeteksi atom oksigen yang bersinar hijau di sisi siang hari Mars. Ini adalah pertama kalinya emisi cahaya siang hari terdeteksi di planet selain Bumi. Atom-atom ini juga bermigrasi ke wilayah malam Mars, tempat mereka bergabung dan berproduksi di ketinggian yang lebih rendah. Lampu malam yang terlihat. Malam menyala Inilah lampu hijau yang menerangi malam di Mars.

Kesan artis terhadap penemuan Night Glow oleh TGO. (Foto: Badan Antariksa Eropa)

Malam menyala Muncul ketika dua atom oksigen bergabung membentuk molekul oksigen sekitar 50 km di atas permukaan Mars. Atom oksigen ini terbentuk pada zaman Mars. Karbon dioksida yang terpapar matahari memperoleh energi dan terpecah menjadi atom oksigen. Kemudian atom-atom ini berpindah ke sisi malam dan berhenti tereksitasi oleh Matahari. Sebagai hasil dari proses ini, mereka bergabung kembali di ketinggian rendah dan kemudian memancarkan cahaya hijau.

“Emisi ini disebabkan oleh rekombinasi atom oksigen yang terbentuk di atmosfer musim panas dan dibawa oleh angin setinggi 40 hingga 60 km di atmosfer Mars ke garis lintang tinggi di musim dingin,” jelas Larian Soret, peneliti di Laboratorium Atmosfer. dalam fisika planet di Universitas Liège. Cahaya ini seharusnya bersinar seperti awan yang tersingkap di bawah sinar bulan.jurnal papan tulis, logo

READ  Kapan dan berapa banyak air yang harus dituangkan ke tanaman setelah hujan lebat? Halaman Semua