Juli 3, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Gempa Afghanistan tewaskan 1.000 orang, terparah dalam 20 tahun

KOMPAS.com – Gempa bumi Gempa kuat Afganistan Rabu (22/6/2022) pagi. Gempa di Afganistan Membunuh 1.000 orang dikatakan sebagai yang terburuk dalam 20 tahun.

Dilaporkan Reuters, Gempa bumi Bumi tidak hanya membunuh 1.000 orang, tetapi juga melukai banyak orang dan menghancurkan rumah dan bangunan.

korban gempa Afghanistan diperkirakan akan tumbuh karena laporan datang dari desa-desa di pegunungan terpencil di negara itu.

Menurut para sukarelawan, sejumlah orang yang tidak diketahui terperangkap di bawah reruntuhan. Selain itu, upaya penyelamatan terhambat oleh kondisi geologis daerah tersebut dan hujan lebat serta tanah longsor.

Pasalnya, banyak desa yang terletak di perbukitan terpencil dan sulit dijangkau.

Baca selengkapnya: Gempa Kuat Afghanistan M 5,9 Tewaskan 1.000, terasa di Pakistan dan Iran

Loretta Hyper Girardt, dari Kantor PBB untuk Pengurangan Bencana, mengatakan upaya sedang dilakukan untuk menyelamatkan orang-orang yang terperangkap di puing-puing. Gempa kuat Ini adalah Afghanistan, yang menghadapi tantangan besar karena medan dan iklimnya.

Gempa bumi terburuk dalam 20 tahun di Afghanistan

Menurot Survei Geografis Amerika Serikat (USGS), Gempa bumi Gempa dini hari di Afghanistan pada Rabu pagi adalah yang terburuk di Afghanistan sejak 2002.

Gempa kuat Pusat gempa dilaporkan 44 kilometer tenggara kota Hantu Pakistan, dekat perbatasan dengan Pakistan.

Baca selengkapnya: Gempa berkekuatan 5,4 baru-baru ini mengguncang negara itu, menurut BMKG.

BNA melalui foto AP Dalam gambar yang diambil dari Kantor Berita Negara Bhaktar ini, gerilyawan Taliban menjaga helikopter pemerintah pada Rabu, 22 Juni 2022, untuk mengevakuasi korban luka di distrik Kayan di provinsi Baghdad, Afghanistan.

Pusat Seismologi Eropa-Mediterania (EMSC) melaporkan kejutan Gempa di Afganistan Hal ini dirasakan oleh sekitar 119 juta orang di Pakistan, Afghanistan dan India.

READ  Demi mencukur 140 ribu, wanita muda ini ingin mengocok celananya, mendapat hukuman mati dan jatuh dari panggung

EMSC mengatakan gempa itu 6,1 pada skala Richter, tetapi USGC menempatkannya pada 5,9 pada skala Richter.

Pakar bencana dan pekerja kemanusiaan mengatakan pegunungan yang terkena gempa kuat sangat rentan.

Pasalnya, daerah terpencil ini rawan longsor dan rumah-rumah yang dibangun dengan buruk menyebarkan dampak kerusakan akibat gempa kuat di Afghanistan.

Baca selengkapnya: Daerah Indonesia perlu ekstra hati-hati

Sebagian besar Asia Selatan diketahui ada sejarah gempa Dan lempeng tektonik merupakan tempat terjadinya gempa aktif.

Daerah ini sedang dalam perjalanan untuk mendorong lempeng India ke utara ke lempeng Eurasia.

Dikutip Al JazeeraGempa bumi tahun 2015 di Afghanistan melanda timur laut negara itu, menewaskan lebih dari 200 orang di Afghanistan dan negara tetangga Pakistan utara.

Gempa berkekuatan 6,1 yang serupa pada tahun 2002 menewaskan sedikitnya 1.000 orang di Afghanistan utara.

Sedangkan pada tahun 1998 tercatat Gempa kuat di Afghanistan Gempa berkekuatan 6,1 telah menewaskan sedikitnya 4.500 orang di timur laut jauh Afghanistan.

Baca selengkapnya: Gempa M 5.0 terbaru mengguncang Papua, dengan 2 tindak lanjut sudah

Dapatkan pembaruan pesan pilihan Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Jom join team telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, Kemudian bergabung. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.