September 18, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Ini dia negara-negara yang bikin SIM valid geleng-geleng kepala

Memuat …

Masa berlaku SIM di Indonesia hanya 5 tahun. Jauh lebih rendah dari negara lain. Foto / DOK.SINDONEWS.Com

Jakarta – Indonesia memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) yang berlaku selama 5 tahun. Jangka waktu tersebut sebenarnya jamak karena perlu memperbaharui SIM setiap 5 tahun sekali agar pihak berwenang dapat mengetahui kemampuan pengemudi selama 5 tahun terakhir. Namun siapa sangka, ternyata banyak negara yang masa berlaku SIMnya lebih lama dari Indonesia.

Baca juga: Helm Rurock membuat Anda tetap keren seperti Joker dan Batman

Di negara-negara tersebut masa berlaku SIM akan mencapai 10 tahun. Tak heran jika ada beberapa negara yang masa berlaku SIM-nya justru mencapai 15 tahun. Ada juga yang tidak memiliki tanggal kadaluarsa. Nah, validitas SIM mengguncang kepala negara mana pun, beberapa di antaranya di sini;

Amerika Serikat

Masa berlaku SIM di Amerika Serikat sedikit lebih rumit daripada di negara lain. Pasalnya, setiap negara bagian memiliki pengaturannya sendiri-sendiri. Banyak yang menambahkan masa berlaku SIM 8 tahun. Namun ada juga yang berusia di bawah 12 tahun, yakni di negara bagian Montana. Usia terakhir pemegang SIM didefinisikan sebagai 65 tahun.

Singapura

Ini dia negara-negara yang bikin SIM valid geleng-geleng kepala

Singapura adalah salah satu negara yang paling menakjubkan dalam hal SIM. Mereka tidak memberlakukan batas waktu pada SIM yang dipegang oleh orang Singapura. Yaitu tidak kedaluwarsa. Namun, jika pemegang SIM berusia 65 tahun, mereka harus memperbarui setiap 3 tahun.

Prancis dan Jerman

Ini dia negara-negara yang bikin SIM valid geleng-geleng kepala

Dua negara Uni Eropa, Prancis dan Jerman, memiliki SIM yang berlaku selama 15 tahun. Menariknya, SIM yang mereka tawarkan berlaku untuk semua jalan di negara-negara Uni Eropa.