Mei 30, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Meski Toyota Fortuner zigzag menanjak, belum tentu demikian

Meski Toyota Fortuner zigzag menanjak, belum tentu demikian

Sukoharjo, KOMPAS.com – Video mobil bergulir Toyota Fortuner VND Seberangi lereng dengan zig-zag. Pengemudi SUV berukuran besar itu terlihat membelokkan mobilnya ke kiri dan ke kanan seolah sedang mendapat masalah.

Video yang diunggah akun Instagram @lowslow.indonesia itu viral pada Jumat (19/4/2024). Beragam komentar bermunculan dari netizen yang mempertanyakan seberapa curam tanjakannya dan menilai pengemudinya kurang terampil.

Pasalnya Fortuner dengan fitur Variable Nozzle Turbocharger (VNT) dibekali mesin diesel bertenaga dengan torsi masif 343 Nm per lembar.

Selain itu dilengkapi dengan sistem All-Wheel Drive (AWD), sedangkan tipe 2×4 menggunakan Rear-Wheel Drive (RWD) sehingga kecil kemungkinan kehilangan traksi.

Muchlis, pemilik Karachi Auto Service Sukoharjo, bengkel spesialis Toyota Mitsubishi, mengatakan mobil yang digunakan dalam video tersebut mampu melaju menanjak.

Fortuner tipe VND bisa dilihat di video, meski tidak dilengkapi kontrol traksi seperti tipe VRZ, namun harusnya mobil ini cukup kuat untuk menanjak dengan mudah karena dilengkapi mesin torsi besar, ujarnya. Muchlis kepada Kompas.com, Minggu (21/4/2024).

Menurut Machlis, selain mesinnya yang bertenaga, mobil ini juga memiliki sistem penggerak semua roda yang efisien artinya AWD, penggerak semua roda atau kategori di bawah 2WD artinya sistem RWD.

Baca Juga: Video Toyota Fortuner zigzag menuruni tanjakan terjal

Tangkapan layar Komentar warganet melihat Fortuner berjalan zig-zag saat melibas bukit

“Kalau melewati tanjakan menggunakan pola zig-zag berarti tidak bisa lurus, jadi menurut saya pengemudi perlu meningkatkan kemampuan mengemudinya,” kata Machlis.

Machlis mengatakan, pola zig-zag saat menanjak justru berbahaya karena ada kemungkinan mobil keluar jalur dan justru membahayakan Anda. Jadi, kalau tidak perlu, tidak perlu.

READ  Kalau ketahuan nanti dapat tilang, ini 7 plat nomor yang diinginkan polisi, kalau tidak ke Samsat

“Pengendara sebaiknya mengambil langkah untuk memudahkan tanjakan menanjak dan mengurangi kehilangan traksi. Jika terpaksa melambat, bisa menggunakan gigi lebih rendah untuk mengoptimalkan torsi,” kata Muchlis.

Baca selengkapnya: Jika kita mengambil hikmah dari pengemudi Fortuner yang sombong, jangan takut dengan mobil berpelat dinas…

Sedangkan menanjak di jalan zig-zag, menurut Machlis, bisa menyebabkan mobil kehilangan kendali dan menimbulkan kecelakaan, sehingga tidak disarankan.

Selain itu, Fortuner VND dibekali mesin diesel yang diklaim lebih baik untuk menanjak karena torsinya lebih besar, kata Muchlis.


Mendengarkan berita penting Dan Berita khusus Kami ada di telepon Anda. Pilih saluran favorit Anda untuk mengakses pesan saluran WhatsApp Kompas.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.