Januari 30, 2023

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Ini warna kubah Masjid Al-Aqsa, jangan ditukar dengan Kubah Batu

Jakarta

Masjid al-Aqsa Ada kubah besar yang terletak di Palestina. Masjid ini terletak di sebelah bangunan Kubah Batu.

Masjid Al-Aqsa atau Masjid Al-Aqsa adalah masjid suci yang memiliki sejarah penting peristiwa Isra ‘Mirage Nabi (saw).

Masjid al-Aqsa yang dikutip dari buku Rahasia Rumah Rasulullah SAW semoga Allah memberkatinya dan memberinya kedamaian, menjadi tempat peristirahatan sementara sebelum Nabi melanjutkan kenaikannya.

Nama Masjid Al-Aqsa disebutkan dalam Alquran dan dalam beberapa hadits Nabi. Seperti di QS. Al-Isra ayat 1 adalah sebagai berikut:

Sbhn ٱ lzy bad PPD Lila T ٱ lmsjd ٱ lhram smart ٱ lmsjd ٱ laqsa ٱ lzy Burkina hvlh lnryh de aytna was annahu la ٱ lsmy ٱ lbsyr

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang membimbing hamba-Nya dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa pada suatu malam. Mendengar semuanya, mendengar semuanya.”

Dalam hadits Imam Ahmad disebutkan Masjid al-Aqsa Masjid yang dibangun setelah Masjid Al Haram. Dari Abujar dia bertanya kepada Rasulullah Zaw:

Atau Masjid Nabawi di bumi pertama kali dibuat, katanya dalam emailnya bahwa Masjid al-Haram kurang, lalu berkata, Masjid Aqsa Masjid Abu Mavih Beth berkata, pengurangan KM bynhma kata, rbvn nikah

Artinya: “Rasulullah, apakah masjid pertama yang Allah tempatkan di bumi?” Dia berkata, “Masjidil Haram.” Abudar bertanya lagi, “Lalu apa?”. Dia berkata, “Lalu al-Masjid al-Aqsa.” “Itu Baitul Maktis,” kata Abu Muawiyah. Abudar bertanya lagi, “Berapa lama di antara keduanya?”. Yang dia jawab, “Empat puluh tahun.” (HR Ahmed).

Kompleks Masjid Al-Aqsa terdiri dari beberapa bangunan dengan berbagai kubah. Masjid ini berdiri di atas tanah kota Yerusalem di Palestina. Di dalam kompleks terdapat kubah emas berukuran besar, yaitu kubah batu.

READ  Mayat yang berserakan, markas pasukan elit Ukraina yang terkena rudal Rusia

Ada yang tidak menyangka kubah batu dengan warna kuning keemasan itu adalah kubah Masjid Al Aqsa. Padahal, keduanya berada di gedung yang berbeda.

Dilihat dari foto yang tersebar di media, bentuk kubah Masjid Al Aqsa dengan kubah Shakra memang identik. Namun yang membedakan adalah warnanya.

Kubah Batu Foto: Erwin Toronto

Laporan dari buku Syed Azhar al-Azriq Rahasia Masjid Aqsa Kubah Masjid Al Aqsa berwarna biru. Jika Anda melihat bangunan utama dari kompleks Al Aqsa yang bernama Al-Jami ‘Al-Aqsa, Anda akan melihat kubah berwarna biru tua.

Klik di halaman berikutnya