Juni 16, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban mobil?

Kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban mobil?



Jakarta

Ban merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan termasuk mobil. Bagaimana cara mengetahui kapan waktunya mengganti ban mobil Anda?

Menurut TOMO, outlet resmi PT Bridgestone Tire Indonesia, cara terbaik untuk mengetahui waktu yang tepat untuk mengganti ban mobil adalah dengan memeriksa kondisinya.

Ilustrasi pengecekan ban mobil Foto: Dok. Michelin

“Anda bisa mengecek sendiri ban Anda melalui inspeksi visual. Mulai dari tapak di sekitar ban hingga kontak dengan permukaan jalan,” tulis TOMO di laman blog resminya.

Periklanan

Gulir untuk melanjutkan konten

“Pastikan tapak ban cukup dalam dan keausan merata di seluruh jalan tanpa ada penyimpangan. Semua ban yang diatur DOT memiliki indikator keausan tapak bawaan yang disebut 'palang keausan',” lanjut mereka.

Sederhananya, ban mobil dilengkapi dengan indikator yang menunjukkan ketebalannya. Indikator ini biasanya terletak di tengah alur ban dan bisa menjadi acuan kecocokan.

Biasanya indikator ketebalan ban ditandai dengan segitiga. Lalu ketika indikator ketebalan ban sudah sejajar dengan segitiga maka ketebalan ban sudah hampir habis.

Tak hanya ketebalannya, menurut TOMO, dinding samping setiap ban juga perlu diperiksa. Dimana jika ada bagian yang rusak atau aus, hal ini bisa menjadi indikasi bahwa ban harus segera diganti.

“Sebaiknya evaluasi ulang tapak setiap beberapa ribu kilometer atau sebulan sekali, dan lebih sering jika kendaraan Anda banyak aus atau Anda berkendara jarak jauh,” tutup TOMO.

Tonton videonya”Mobil Jokowi yang viral dikabarkan bocor saat berkunjung ke Jawa Tengah, ungkap suara Istana
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)

READ  Penganiayaan rasis resmi menunda pertandingan PSG vs Istanbul Basakshir: sepak bola okezone