September 28, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Kecelakaan truk maut di Bekasi, KNKD: Pengemudi menggunakan “gigi kelinci” di jalan menurun

Jakarta, KOMPAS.com – Kecelakaan truk terjadi di Jalan Sultan Agung KM 28.5, Kelurahan Kota Baru, Bekasi Barat, Kota Bekasi pada Rabu (31/8/2022) siang.

Komisi Keselamatan Transportasi Nasional (KNKT) menyelidiki truk-truk tersebut Cuplikan SDN Kota Bharu II dan III terlibat kecelakaan mengerikan di depan Bekasi.

Penyelidik senior Komisi Keselamatan Transportasi Nasional (KNKT) Ahmad Wilton mengatakan posisi gigi truk berada di gigi 7 dengan beban berat di jalan yang menurun.

“Tidak ada pengemudi truk trailer yang akan menggunakan ‘gigi kelinci’ di jalan menurun dengan muatan penuh,” kata Wilton. Kompas.comJumat (2/9/2022).

Baca selengkapnya: Penyebab kecelakaan truk maut di Bekasi, KNKD: Pengemudi terganggu saat mengambil rute yang salah

Wilden mengatakan pengemudi tidak dapat menjelaskan mengapa dia berada di gigi 7 di jalan rendah.

Wilton mengatakan itu cukup untuk menjelaskan situasi yang dialami pengemudi Hilangnya kesadaran situasional Atau kehilangan kemampuan untuk memahami kondisi sekitarnya.

“Jadi hasilnya adalah keputusan yang dibuat tidak sepadan dengan jasanya yang sebenarnya,” kata Wilton.

Spesial Deskripsi Gigi Kura-kura pada Truk Trailer. Anda akan melihat gigi kura-kura (roda gigi rendah) atau gigi kelinci (roda gigi tinggi) di dasbor.

Sebagai ilustrasi, Wilden menjelaskan truk trailer memiliki dua posisi gigi, gigi kura-kura dan gigi kelinci.

Gigi kura-kura adalah geraham bawah, yaitu 1, 2, 3 dan 4. Gigi kelinci adalah gigi tertinggi tingkat 5, 6, 7 dan 8.

Baca selengkapnya: Kecelakaan truk dahsyat di Pegasi, KNKT: Overload 2 kali lipat

Wilton mengatakan bahwa pada tuas persneling, posisi persneling 1 dan 5 identik. Demikian juga gigi 2 sama dengan 6, gigi 3 sama dengan 7, dan gigi 4 sama dengan 8.

READ  Ini adalah gambaran kuat dari calon Perdana Menteri baru Malaysia

“Satu-satunya perbedaan adalah gambar kura-kura atau kelinci di dashboard,” kata Wilton.

Penjelasan tentang perbedaan antara roda gigi truk trailer dan truk konvensional. Spesial Penjelasan tentang perbedaan antara roda gigi truk trailer dan truk konvensional.

Wilden menjelaskan cara memindahkan tuas persneling dari posisi turtle ke posisi rabbit.

Sedangkan untuk truk Cuplikan Wilton mengatakan sistem perpindahan gigi berbunyi saat kecelakaan terjadi di Bekassie.

Anda memuat, kondisi lalu lintas, dan Jalan layang miringWilden menduga bahwa itu mungkin sedang dalam perjalanan jembatan layang Menggunakan gigi 1, lalu pada bentang datar jembatan layang Pindah ke gigi 2.

Selanjutnya saat pengendara turun ingin pindah ke gigi 3, tapi masuk dulu ke posisi netral sebelum masuk gigi 3, dan tanpa disadari pengendara memindahkan klik yang hanya berjarak 1 sentimeter dari jarinya. Posisi gigi masuk gigi 7.

Baca selengkapnya: Kecelakaan truk maut di Bekasi, diduga kelebihan muatan, pengunjung: penyebab paling sering

“Dengan posisi gigi 7 dan beban berat, menjadi jelas bahwa sistem rem tidak dapat menampung energi kinetik yang dihasilkan sehingga menyebabkan kegagalan pengereman,” kata Wilton.

“Bukan kegagalan rem, tetapi gaya pengereman yang dihasilkan oleh kendaraan yang tidak dapat menampung energi kinetik kendaraan.”

Dapatkan pembaruan berita khusus Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Gabung grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, lalu bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.