Agustus 11, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Kehadiran peserta lari dari Jakarta yang hilang di Gunung Arjuno terlacak di halaman

MalangKOMPAS.com – Pelari lintas alam Mantra Summit Challenge 2022, Urbiando Basri (46), yang hilang di area tersebut. Gunung ArjunoDitemukan di Jawa Timur, Selasa (5/7/2022).

Tim SAR gabungan memperoleh koordinat pria asal Jakarta Utara yang dikirimkan korban kepada temannya Mario.

Bahkan, selain mengirimkan koordinat, korban juga mengirimkan foto terbaru terkait statusnya saat ini.

Baca selengkapnya: Jejak pencarian pelari yang hilang di Gunung Arjuno sedang berjalan lancar

Kepala Divisi Operasi Badan SAR Nasional (Pasarnas) Jatim Haris Suberdi mengatakan, korban menghubungi Mario pada Selasa (5/7/2022) sore dan mengirimkan koordinat 7°47’10.68″S 112°36′. 8.34″BT.

“Mario kemudian menghubungi posko pendakian Gunung Arjuno dan menunjukkan koordinat korban,” katanya, saat ditemui di pos pendakian Gunung Arjuno, Selasa malam.

Baca selengkapnya: Malang, Tanda SOS Gunung Arjuno dan teka-teki pelari yang hilang dari Jakarta

Berdasarkan komunikasi antara korban dan temannya, dipastikan bahwa korban dalam keadaan sehat, meskipun lemah dan memiliki beberapa luka di telapak tangannya.

“Kesehatannya sehat, meski agak lemah, ada luka gores di lengannya. Ini terlihat dari foto yang dikirimkan korban,” jelasnya.

Karena lokasi korban sudah ditemukan, Bazarnas mengubah status pencarian menjadi prosedur evakuasi.

“Fokusnya pada koordinat yang dikirim oleh Urbando,” ujarnya.

Pada Selasa (5/7/2022) sore sekitar pukul 16.30 WIB tim gabungan bergerak dari pendakian bukit Arjuno ke koordinat melalui Lawang.

“Tim gabungan yang terlibat dalam pencarian ini sudah kami bagi menjadi 6 SRU sejak pagi ini. Dua di antaranya fokus bergerak menuju lokasi koordinasi,” ujarnya.

KOMPAS.COM/Imron Asli Peserta Mantra Summit Challenge 2022 Urbianto Basri memandu tim evakuasi dari Lost Jakarta di Gunung Arjuno

Namun berdasarkan laporan terakhir, tim gabungan mengalami beberapa kesulitan untuk pindah ke lokasi bersama karena medan yang kasar dan kondisi cuaca yang tidak mendukung akibat hujan lebat.

READ  Antiklimaks Dustin Fourier vs Connor McGregor

“Masalahnya batas tanah akibat hujan membuat akses jalan ke lokasi semakin sulit karena koordinat korban tidak bisa jalan. Jadi tim kami masih harus membuka akses jalan baru,” ujarnya. .

Haris memperkirakan butuh waktu 6 jam sekali jalan untuk mencapai titik koordinat korban. Itu berarti perjalanan pulang pergi sekitar 12 jam.

Baca selengkapnya: Peserta Mantra Summit yang menantang tersesat di Gunung Arjuno, dan jalurnya ditutup

“Sebelum bertemu tim kami, kami berharap korban tidak beranjak dari ayat tersebut agar bisa dievakuasi dengan selamat. Tapi kami sudah memberikan instruksi untuk menstabilkan korban dengan logistik,” kata Haris.

Urbiando Basri (46), warga Jakarta Utara, diketahui hilang di Gunung Arjuno di Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten. MalangJawa Timur, Minggu (3/7/2022) malam.

Ia pernah menjadi peserta lomba lari lintas alam Mantra Summit Challenge 2022 yang diselenggarakan oleh Malang Trail Runners.

Dapatkan pembaruan Berita Ujian Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Jom join group Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, lalu bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.