Mei 30, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Kemunculan mobile VAR diimplementasikan pada seri kejuaraan Ligue 1

Kemunculan mobile VAR diimplementasikan pada seri kejuaraan Ligue 1

KOMPAS.com – Teknologi Wasit Asisten Video (dulu) akhirnya resmi digunakan Liga 1 Indonesia. Teknologi asisten wasit ini sudah mulai digunakan pada pertandingan babak Seri kejuaraan Liga 1 2023-2024.

Sebanyak delapan pertandingan akan dimainkan menggunakan VAR sebagai persiapan pelaksanaan Ligue 1 musim depan.

Penerapan awal VAR berjalan mulus pada dua laga yakni Bali United vs Persip Bandung, Selasa (14/5/2024) malam, dan Mathura United vs Borneo FC, Rabu (15/5/2024) malam tadi.

Dari dua laga tersebut, hanya Bally United vs Persip yang banyak momennya melibatkan VAR.

Baca Juga: Bally United Vs Persib, Drama VAR dan Pemain Terbaik Versi Hodak

“VAR resmi digunakan di Ligue 1. Jadi, delapan pertandingan tersisa ini sebagai persiapan kita menghadapi musim depan. Semua pertandingan menggunakan teknologi VAR,” kata Manajer Media dan Komunikasi PT Liga Indonesia Baru (LIB), Hanif Marjuni.

KOMPAS.COM/SUCI RAHAYU Ruang VAR dilengkapi dengan enam unit layar monitor untuk mendukung video asisten wasit wasit, salah satunya adalah VAR wasit, AVAR (Asisten VAR) dan RO (Replay Operator). terjadi di lapangan.

Hanya ada tiga stadion yang dinyatakan layak menggunakan VAR, yakni Stadion Kelora Bung Domo (Surabaya), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gyanyar).

“Sejauh ini baru ada tiga stadion yang menyimpan VAR. Ada ruang khusus VAR,” imbuhnya.

Namun sebagai alternatif, PSSI dan PT LIB telah memproduksi VAR mobile yang lebih dinamis karena bergerak sesuai lokasi lapangan yang digunakan.

Perangkat VAR merupakan tombol komunikasi VAR dengan wasit utama, tombol berwarna merah untuk berbicara dengan wasit di lapangan dan tombol berwarna hijau untuk memberi tanda.KOMPAS.COM/SUCI RAHAYU Perangkat VAR merupakan tombol komunikasi VAR dengan wasit utama, tombol berwarna merah untuk berbicara dengan wasit di lapangan dan tombol berwarna hijau untuk memberi tanda.

Kini, pada putaran Seri Kejuaraan Ligue 1 2023-2024, terdapat empat unit mobile VAR di banyak stadion tempat pertandingan Seri Kejuaraan dimainkan sejak Jumat (10/5/2024) lalu.

“Sampai tidak bisa yang lain, akan digunakan VAR Mobile. Sampai saat ini total kami punya 12 mobil VAR,” kata pria yang akrab disapa Hanif itu.

“Salah satunya kita kirim ke Mathura. Jadi, mobilnya akan tetap di Mathura hingga akhir seri kejuaraan,” ujarnya.

Baca Juga: Dua momen bersejarah VAR di Ligue 1

Masing-masing mobile VAR menjadi ruang VAR yang ditempatkan dekat dengan stadion, dirancang khusus dan dilengkapi dengan berbagai fitur penunjang performa seperti enam unit layar monitor, komputer dan server dengan tambahan AC dan generator.

Selama pertandingan, tiga perangkat bertugas yaitu Wasit VAR, AVAR (Asisten VAR), dan RO (Operator Putar Ulang). Ketiganya akan berkomunikasi langsung dengan Ketua Wasit yang akan memimpin pertandingan mengenai apa yang terjadi di lapangan.

Server merupakan salah satu penunjang kinerja yang terletak di ruang VAR.KOMPAS.COM/SUCI RAHAYU Server merupakan salah satu penunjang kinerja yang terletak di ruang VAR.

Penerapan VAR di Liga 1 Indonesia telah mendapat izin resmi dari FIFA. Dari pelatihan pertama, mulai dari sosialisasi hingga pemilihan vendor, sudah diakui FIFA.

Untuk itu, Hanif Marjuni mengungkapkan penerapan VAR merupakan tonggak awal kebangkitan sepak bola Indonesia.

Mobile VAR, ruang VAR, ditempatkan di dekat stadion.  Dirancang khusus dan dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung kinerja seperti enam unit layar monitor, komputer serta tambahan AC dan generator.KOMPAS.COM/SUCI RAHAYU Mobile VAR, ruang VAR, ditempatkan di dekat stadion. Dirancang khusus dan dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung kinerja seperti enam unit layar monitor, komputer serta tambahan AC dan generator.

Ia berharap semua pihak dapat bekerja sama untuk memastikan kelancaran penerapan VAR di kompetisi peringkat tertinggi Indonesia tersebut.

Kehadiran VAR diharapkan dapat meningkatkan kualitas pertandingan dan meredam kontroversi keputusan wasit.

READ  Fahri Hamzah meminta Kanjar-Anis tak ngotot jadi capres: usianya belum cukup

Oleh karena itu, saya mohon kepada teman-teman, suporter, dan semua orang untuk memberikan perhatian khusus karena mobil ini sangat penting bagi kami di kompetisi Liga 1,” ujarnya.


mendengarkan berita penting Dan Berita khusus Kami ada di telepon Anda. Pilih saluran favorit Anda untuk mengakses pesan saluran WhatsApp Kompas.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.