Agustus 11, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Formula lensa konvergen

Ketahui sifat-sifat lensa konvergen, jenis dan rumus untuk menghitungnya

Lensa cembung adalah jenis lensa yang bagian tengahnya lebih tebal daripada bagian tepinya. Lensa cekung bagian tengahnya lebih tipis daripada bagian tepinya. Kedua lensa ini merupakan lensa tipis berdasarkan luas permukaannya.

Pengertian lensa adalah cermin transparan dengan permukaan melengkung. Lensa cekung dan cembung berperan dalam pembiasan permukaan. Permukaan ini menghasilkan efek refraksi yang berbeda.

Jenis lensa konvergen

Lensa cembung disebut juga lensa konvergen atau lensa positif. Sifat lensa cembung adalah memfokuskan cahaya. Berdasarkan bentuk permukaan lengkungnya, lensa cembung dibedakan menjadi 3 yaitu lensa bikonveks, bidang cembung, dan lensa cembung-cekung. Berikut penjelasannya:

1. Lensa cembung bikonveks

Jenis lensa cembung yang memiliki dua permukaan cembung.

2. Lensa cembung bidang cembung

Lensa cembung memiliki satu permukaan cembung dan satu permukaan datar.

3. Lensa cembung cekung

Lensa cembung adalah lensa yang memiliki satu permukaan cembung dan satu permukaan cekung. Namun permukaan cembung lebih dominan daripada permukaan cekung.

Sifat-sifat lensa cembung

  1. Lensa konvergen adalah lensa konvergen yang mengumpulkan cahaya dan memperbesar bayangan
  2. Titik fokus lensa adalah titik di mana sinar sejajar yang dibiaskan bertemu
  3. Panjang fokus lensa menggambarkan cahaya atau output
  4. Panjang fokus adalah jarak dari titik fokus lensa ke pusat
  5. Lensa cembung memiliki dua titik fokus yang berjarak sama dari pusat
  6. Panjang fokus dapat bervariasi tergantung pada kombinasi kelengkungan kedua permukaan

Formula lensa konvergen

Rumus Lensa Konvergen (Koleksi Lengkap Rumus Matematika-Fisik-Kimia)

Keuntungan lensa cembung

Sifat lensa cembung adalah mengumpulkan cahaya dan memperbesar bayangan benda. Lensa konvergen digunakan untuk berbagai aplikasi. Mengutip dari Buku Ilmiah Integratif: Jilid 2B, berikut kelebihan lensa cembung:

1. Mikroskop

Mikroskop menggunakan lensa cembung untuk memperbesar bayangan. Ada dua lensa cembung, lensa pertama menghadap benda dan lensa menghadap mata.

Lensa yang menghadap objek ini membantu menciptakan gambar yang benar, terbalik, dan diperbesar. Lensa cembung kedua berguna untuk melihat bayangan maya, tegak, dan diperbesar.

Menggunakan dua lensa cembung memudahkan pengguna untuk memperbesar bayangan objek. Posisi lensa membuat gambar sepuluh hingga ratusan kali lebih besar dari aslinya. Mikroskop digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk melihat bakteri, virus, dan benda tak kasat mata.

2. Kacamata

Penderita rabun jauh (hipermetropia) memakai kacamata lensa cembung. Miopia menyebabkan bayangan benda jatuh di belakang retina. Dengan menggunakan lensa cembung, bayangan benda di dekat mata dapat dikoreksi sehingga jatuh di retina.

3. Kamera

Kamera menggunakan lensa cembung untuk menghasilkan gambar yang benar, terbalik, dan diperkecil. Gambar dalam foto harus berada pada jarak yang lebih besar dari 2f (f adalah fokus lensa).

4. Kaca pembesar

Kaca pembesar menciptakan bayangan virtual, jujur, dan diperbesar. Menggunakan kaca pembesar membantu untuk melihat benda-benda kecil, sehingga lensa yang dipakai adalah lensa cembung.

5. Teropong

Teropong digunakan untuk melihat objek yang jauh. Misalnya melihat bintang dan planet luar angkasa. Teropong menggunakan lensa cembung dan cekung atau dua lensa cembung. Contoh teleskop yang menggunakan lensa cembung adalah teleskop hewan.

READ  Bidang orbit matahari yang mengorbit Matahari memasuki ekor komet Leonard