Februari 25, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

KPU Ubah Format Debat Pilpres 2024, Tak Ada Debat Khusus Cawapres Seperti 2019

KPU Ubah Format Debat Pilpres 2024, Tak Ada Debat Khusus Cawapres Seperti 2019

Hashim Asyari adalah ketua KPU. KPU mengubah format debat Pilpres 2024 dengan menghilangkan debat capres dan cawapres secara terpisah. (penjelasan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memutus sebanyak lima kali Debat Pilpres 2024 Semuanya akan dihadiri calon presiden dan wakil presiden secara bersamaan. Berbeda dengan Pilpres 2019, tidak ada babak debat tersendiri yang hanya melibatkan calon presiden dan wakil presiden.

Ketua Menteri KPU RI Hashim Asyari menjelaskan, debat lima putaran pada dasarnya terdiri dari tiga kali debat antar capres dan dua kali debat antar capres-cawapres. Namun, capres dan cawapres selalu kompak dalam lima debat. Hanya bagian berbicaranya saja yang dibedakan.

“Dalam lima debat tersebut, seluruh pasangan calon ikut serta. Namun proporsi pembicaranya berbeda-beda. Pada debat capres, proporsi capres lebih tinggi. Pada debat cawapres, proporsi cawapres lebih tinggi. Jumat (1 /12/2023) kata Hasyim kepada wartawan di Kantor KPU RI di Jakarta, dikutip.

Sebagai perbandingan, lima putaran debat capres 2019 mengambil bentuk berbeda. Adu gagasan tersebut terdiri atas gabungan dua debat yang menampilkan calon presiden dan wakil presiden, dua debat yang hanya menampilkan calon presiden, dan satu debat khusus yang menampilkan calon wakil presiden.

Hashim mengatakan, debat capres 2024 selalu menghadirkan capres dan cawapres secara bersama-sama dengan tujuan untuk menunjukkan persatuan mereka kepada publik. Hal ini akan membuat masyarakat semakin percaya diri Oke Kerja tim “Dalam penampilannya dalam debat calon presiden dan wakil presiden,” ujarnya.

Dia mengatakan, format debat Pilpres 2024 merupakan kesepakatan antara perwakilan KPU dan panitia pemenangan tiga capres-cawapres. Kesepakatan itu dicapai dalam rapat yang digelar Rabu (29/11/2023) di kantor KPU RI.

READ  Klarifikasi Key: Bukan Barang Pemberian Pebalap MotoGP with Penonton yang Dilelang Halaman all

“Ini Bisa Kami membicarakannya dan kami sepakat tentang apa yang terbaik. “Ini (format debat yang selalu berpasangan) merupakan salah satu kesepakatan yang kami capai,” kata Hashim yang juga menjabat Komisioner KPU RI pada Pilpres 2019.

Comic C Callus : Dinasthi – (Dan Yahya/Republik)