Mei 29, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Deskripsi sekam hangus sebagian.

Manfaat arang sekam untuk tanaman dan cara penggunaan semuanya

Jakarta, KOMPAS.com – Sekam arang Limbah pertanian bebas dari pori-pori, cahaya dan kotoran, sehingga mampu menyimpan air. Karena sifatnya, arang sekam Banyak digunakan dalam budidaya tanaman hias dan tanaman sayuran terutama hidroponik.

Rabu (29/12/2021) dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, arang sekam memiliki fungsi mengikat logam berat. Di samping itu, Manfaat arang sekam Fungsinya untuk menggemburkan tanah, agar lebih mudah Akar tanaman Menyerap nutrisi di dalamnya.

Namun arang sekam tetap membutuhkan campuran media lain dalam media tanamnya.

Baca selengkapnya: 9 tanaman berbunga yang cocok untuk penggunaan di dalam ruangan

Shutterstock / Tangkap Biru TA Deskripsi sekam hangus sebagian.

Ada dua jenis sekam yang digunakan untuk tanaman hias, yakni hangus 50 persen untuk tanaman hias. Media tanam Atau campuran. Namun, tidak disarankan menggunakan jenis ini sebagai media semai.

Selain itu, ada 100 persen sekam yang terbakar. Sekam jenis ini baik untuk media tanam atau campuran, serta untuk disemai karena sangat steril.

Informasi, inspirasi dan Intelijen Dari Surel Anda.
Registrasi Surel

Semua tanaman bisa tumbuh dengan baik sekam goreng. Manfaat menggunakan media tanam sekam goreng atau arang sekam Infertilitas, pori-pori, nutrisi berlimpah dan ringan untuk mobilisasi.

Namun, harganya sangat tinggi karena proses pembuatannya memakan banyak waktu dan bahan bakar.

Baca selengkapnya: Inilah cara membuat pot tanaman yang mudah disiram sendiri

Selain itu, arang sekam mengandung bahan organik dan kompos. Bahan organik memperbaiki sifat tanah dan mengikat nitrogen, fosfor dan kalium (NPK) ke tanah.

Dengan tidak adanya tanah, arang sekam akan berfungsi untuk menopang unsur-unsur tersebut. Selain itu, sekam melonggarkan tanah, sehingga memudahkan akar tanaman menyerap nutrisi.

READ  Peluncuran Starling 100 sejak kegagalan pesawat misil Falcon menandai misi ini

Ingat, kandungan nutrisi sekam tidak setinggi pupuk sintetis. Oleh karena itu yang terbaik adalah mencampur pupuk pengayaan seperti kompos dan pupuk kandang sintetis sesuai kebutuhan tanah.

Penggunaan arang sekam untuk meningkatkan unsur hara dalam tanah akan meningkatkan daya serap tanah dan pengikatan air. Dengan demikian, kelembaban di akar tanaman tetap terjaga dengan baik.

Baca selengkapnya: Ini tidak sulit, ini adalah panduan untuk merawat tanaman phytonia

Arang sekam memiliki banyak kegunaan, antara lain sebagai berikut:

  • Mempertahankan kelembaban karena ketika arang sekam ditambahkan ke tanah, ia mengikat air dan dapat melepaskannya ketika tanah mengering.
  • Merangsang pertumbuhan (Perkalian) Mikroba yang menguntungkan tanah dan tanaman.
  • Pembajakan tanah menghindari pengerasan tanah karena sifatnya yang ringan.
  • Mengatur pH atau keasaman tanah pada kondisi tertentu.
  • Pemupukan tanah karena kandungan mineral arang salak merupakan nutrisi bagi tanaman.
  • Memperbaiki tanah yang rusak akibat kontaminasi bahan kimia.
  • Menjaga sirkulasi udara pada media tanam.

Dapatkan pembaruan pesan pilihan Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Jom join team telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, Kemudian bergabung. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.