Desember 3, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Menyukai! Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai Modern dengan gaya Bali

Jakarta

Maju KTT G20, Bali Lebih banyak riasan dengan membuka Terminal VVIP Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Memiliki tampilan modern dengan sentuhan Bali.

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai pada Rabu (9/11). Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumathi mengatakan revitalisasi Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai untuk mendukung G20 yang diketuai Indonesia.

“Kami ingin memberikan kesan yang baik karena terminal VVIP merupakan tempat persinggahan dan pertemuan tamu penting negara,” kata Budi.

Kebangkitan terminal dibangun dalam waktu sekitar 3,5 bulan. Ini merupakan hasil kerjasama Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan, Arsitek Bali dan pihak terkait lainnya.

Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai. Foto: Dok. Menteri Transportasi

Lingkup pekerjaan revitalisasi Terminal VVIP di Bandara I Gusti Ngurah Rai meliputi pembenahan Terminal VVIP eksisting, pembangunan Terminal VVIP (Baru), Penataan Lanskap dan Jalan Pelayanan (Baru) serta Realokasi EMPU Kargo dan bangunan lainnya.

Dari hasil peremajaan tersebut, wajah baru terminal VVIP Bandara Nura Rai semakin cantik. Bangunannya terlihat modern namun tetap memiliki sentuhan tradisional Bali.

Bangunan dan desain interior bandara ini terinspirasi dari sebuah bangunan asal Bali yang dikenal dengan nama Wandilan, yang berarti tempat berkumpulnya masyarakat suku Bali.

Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah RaiTerminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai. Foto: Dok. Menteri Transportasi

Di dalam gedung juga dipajang lukisan-lukisan minimalis dengan patung Bali sebagai budaya universal. Hal ini dianggap penting karena nantinya para kepala negara akan mengunjungi gedung tersebut.

Selain Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai, Bali juga memiliki 3 pelabuhan baru yaitu Pelabuhan Sanur, Pelabuhan Sambalan dan Pelabuhan Bayas Munjul. Budi Karya meyakini keberadaan tiga pelabuhan tersebut akan memudahkan wisatawan asing saat hendak berkunjung ke Nusa Penida.

READ  Presiden Djokovic dan Rocky Jerung One Stage, Jaleb

Tonton videonya”Pj Dirjen Imigrasi Marah Gerai VoA di Bank Saat Razia di Bandara Bali
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)