Juli 20, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

NASA berhasil mengabadikan peristiwa langka gerhana matahari Phobos, yang hanya terlihat dari Mars: Ocean Techno

NASA berhasil mengabadikan peristiwa langka gerhana matahari Phobos, yang hanya terlihat dari Mars: Ocean Techno

acara Gerhana matahari Phobos adalah salah satu peristiwa langka yang sebenarnya sulit dilihat. Pasalnya, gerhana matahari ini tidak bisa dilihat di Bumi dan hanya bisa dialami dari Mars.

Namun, badan antariksa Amerika NASA berhasil mengabadikan momen langka gerhana matahari Phobos ini. Adegan itu baru-baru ini ditangkap oleh rover NASA. Phobos, satelit alami Mars, terlihat menciptakan bayangan aneh di depan Matahari.

Bayangan Phobos membuat Matahari tampak seperti lubang acak. Belum lagi warna matahari yang sangat jingga menambah kesan seram dari peristiwa super langka ini.

Nuansa mencekam tak berhenti sampai di situ. NASA mengumumkan bahwa Phobos sedang mendekati Mars dan pada akhirnya akan menabrak permukaan Mars.

NASA mengatakan bahwa setiap seratus tahun, Phobos semakin dekat ke Mars sejauh 1,8 meter, sebagaimana dihimpun dari IFL Science. Diperkirakan akan jatuh ke Mara dalam 50 juta tahun mendatang.

“Bophos mendekati Mars dengan kecepatan sekitar enam kaki (1,8 meter) setiap seratus tahun. Dengan kecepatan itu, ia akan bertabrakan dengan Mars atau pecah menjadi cincin dalam 50 juta tahun,” kata NASA dalam pernyataan resminya.

Ikuti Okezone News berita Google


Para ilmuwan sudah mengetahui bahwa Phobos akan dihancurkan. Namun, pengamatan gerhana dari permukaan Mars selama dua dekade terakhir telah memungkinkan para ilmuwan menyempurnakan pemahaman mereka tentang Phobos.

READ  Suhu Paling Dingin di Luar Angkasa, Suhunya 3 Kali Lebih Rendah dari Antartika

Kejadian Phobos berbanding terbalik dengan kejadian yang dialami bulan Bumi. Bulan bergerak sekitar 3,75 cm dari Bumi setiap tahun, artinya manusia tidak akan bisa melihat gerhana matahari total dalam waktu dekat.

Mengaburkan matahari dari sudut pandang manusia tidak akan terlalu kecil. Dikatakan bahwa dalam 600 juta tahun lagi, Bumi akhirnya akan mengalami keindahan dan drama gerhana matahari total.

Konten di bawah ini disediakan oleh pengiklan. Wartawan Okezone.com tidak terlibat dalam konten ini.